Sumber Permusuhan Aremania vs Bonek

Seperti di ketahui, antara Malang-Surabaya ada dua kelompok suporter (Aremania & Bonek) yang sangat eksis dan terkenal. Dan dari kedua kubu juga seakan-akan tidak ada kata damai dan akan selalu bermusuhan (meski ada sebagian kecil yang tidak setuju dengan hal ini). Akan tetapi masih banyak dari kedua kubu juga tidak mengetahui kenapa sih koq mereka bermusuhan.

Dalam kesempatan kali ini, ayas mendapatkan satu  ulasan yang cukup menarik yang membahas tentang sumber perseteruan kelompok supporter Aremania dan Bonek. Berikut disampaikan dalam akun FB sam Mas Arif Yusuf  di salah satu forum diskusi di FB.

” Menurut ayas (mohon maaf jika ada yg tak setuju/tak sependapat/tersinggung)
awal mula perseteruan suporter sepakbola Malang-Surabaya (saya tdk menyebutnya AREMANIA-BONEK) karena “GENGSI DAERAH”, masing-masing menganggap kotanya lebih kuat dan lebih hebat. Alasan saya, baik berhubungan dengan sepakbola atau tidak adalah:

  1. Pada saat konser Kantata Takwa di Tambaksari pada 23 Januari 1990, tepat di depan panggung pada sekitar 30 menit pertama “dikuasai” arek-arek Malang sambil meneriakkan “Arema…Arema…Arema”. Arek-arek Suroboyo sebagai tuan rumah pun harus minggir dan “terkalahan”. Namun setelah itu, arek-arek Suroboyo yang jauh lebih banyak mulai bersatu dan “memukul mundur” arek-arek Malang hingga harus keluar dari Tambaksari. Di luar stadion, tawuran terus dilakukan hingga arek Malang sampai di stasiun (Gubeng???)
  2. Tawuran pada konser Sepultura (juga di Tambaksari) pada bulan Juni 1992 kalo nggak salah. Kali ini arek-arek Suroboyo sudah siap dan menguasai depan panggung mulai awal. Arek Malang langsung dihalau begitu masuk Tambaksari. Tawuran di luar stadion juga seru (katanya, ayas tidak ikut saat itu, heheheee….)
  3. Suporter sepakbola Malang pada saat itu (akhir tahun 80-an dan awal 90-an) berasal dari peleburan para “korak” atau geng-geng yang sebelumnya sangat gemar tawuran antar-kampung hingga cukup banyak memakan korban. Dengan dimediatori Bung Ovan Tobing, mereka akhirnya berdamai dan pada akhirnya menyatu dalam benderai “AREMA” (tanpa “NIA), yang artinya “Arek Malang”. Merekalah yang akhirnya sangat setia mendukung tim asal Malang (baik Persema maupun Arema). Dengan latar belakang seperti itu, suporter Malang (masih) sangat2 bangga jika dicap “perusuh” dan “pemberani”. Sebagai contoh, supporter Malang pernah “mengusir” dan “membersihkan” supporter Gresik di kandangnya sendiri, Stadion Tri Dharma Gresik pada saat Persema vs Persegres. Nyanyian “Moleh Tawur…Moleh Tawur” selalu bergema di Gajayana jika tim Malang kalah.
  4. Kecemburuan suporter Malang pada pemberitaan media (kala itu). Contoh, ketika Arema/Persema menang, pemberitaannya sangat2 kecil, mungkin hanya satu kolom. Sementara pemberitaan Persebaya sangat besar dan hampir selalu menjadi headline (meski hanya berlatih atau sekedar mengisi waktu senggang). NB: Paling tidak yg diberitakan media terbesar Jawa Timur.
  5. Dedengkot-dedengkot Persebaya dulu (yg saya ingat H.Barmen & Mudayat) sangat2 meremehkan & merendahkan tim-tim Malang. Beliau katakan tidak ada ceritanya Persebaya bisa dikalahkan tim2 asal Malang, menahan imbang saja mereka (tim2 Malang) sangat kesulitan. Pernyataan itu ditulis di media yg tadi saya sebutkan. Hal ini tentunya sangat menyakiti dan menyulut sensitivitas suporter Malang yang selalu direndahkan (orang Surabaya) dan dianaktirikan (media terbesar Jatim). Terlebih, ada isu bahwa suporter Surabaya (belum bernama BONEK) akan “ngluruk” ke Malang. Merasa tertantang, AREMA sudah siap mencegat bonek di Lawang. Namun sampai pertigaan Karanglo, Singosari, AREMA yg hendak ke utara dihalau dan ditangkapi polisi/Kodim. Akhirnya, sebagian suporter melampiaskan kemarahannya dengan memecahi kaca2 mobil plat L. Sementara di Gajayana sendiri, bentuk perlawanan terhadap dedengkot Surabaya diwujudkan dalam dua spanduk bertuliskan “Kalahkan Persebaya, Bungkam Mulut Besar Barmen dan Mudayat” dan “Barmen & Mudayat Haram Masuk Kota Malang”.
  6. (Judul) berita di media yg cukup mujarab mengadu domba. Contoh (yg lagi2 saya ingat) ” Pemain Persebaya Dijadikan Sansak Hidup Pemain Persema” dalam laga Persema vs Persebaya, yang memang sebelumnya diprediksi akan panas menyusul pernyataan Barmen dan Mudayat. Dalam laga yg saya saksikan sendiri itu, Persema pemanasan di gawang selatan dan Persebaya di gawang utara. Setelah koin tost, ternyata posisinya berpindah (Persema ke utara, Persebaya ke selatan). Pada perpindahan itulah beberapa pemain Persema sengaja menabrak pemain Persebaya hingga ada yang terjatuh. Inilah yang ditulis koran tersebut dengan ” Pemain Persebaya Dijadikan Sansak Hidup Pemain Persema”. Saya bisa memahami kemarahan arek-arek Suroboyo akibat isi berita dari judul tersebut.
  7. Pembalasan supporter Surabaya di Gresik dalam laga Persema vs Persegres setelah laga panas Persema-Persebaya sebelumnya, plus provokasi media. Ayas adalah saksi hidup dan selamat dari peristiwa itu. Ayas melihat sendiri arek2 Suroboyo membawa ketapel, pentungan, batu, hingga pisau untuk mensweeping arek Malang di stadion. Arek2 Suroboyo selalu mengatakan “goleki arek Malang, goleki arek sing ngomonge walikan, pateni arek Malang, pendem arek Malang”. Tulisan Persema di papan skor diambil dan dibakar. Sedikit koreksi tulisan Cak Donde Nymphetamine, jika dikatakan Pemain Persema baik2 saja, ayas kurang setuju. Sebab, ketika masuk lapangan saja Persema sudah diangkut mobil panser/trantis. Setiap kali pemain Persema melakukan lemparan ke dalam, mereka selalu dilempari dan dipukuli supporter Surabaya (bukan supporter Persegres). Bench cadangan pun dilempari dan ditusuk2 kayu bendera. Berkali-kali pertandingan dihentikan karena penonton Surabaya masuk dan menyerbu pemain Persema. Puncaknya, pertandingan dihentikan dan pemain Persema kembali dimasukkan di mobil panser di tengah lapangan.setelah itu ayas pulang dan tak tahu hasil akhir (yang ternyata Persema kalah) Terus terang, pada saat itu ayas sangat2 bersyukur karena keluar dari stadion dan pulang sampai Malang dalam keadaan selamat. Ayas tidak tahu tentang adanya korban di bunderan Apollo Gempol dan akhir tol Gresik karena setahu ayas, AREMA yg naik truk telah dicegat dan dipulangkan aparat saat masuk pintu tol Gempol. selain itu, isu di Malang justru mengatakan sebaliknya.

Menurut ayas, hal-hal itulah yang mengawali perseteruan supporter Malang-Surabaya (sekali lagi, bukan BONEK-AREMANIA) Dan permusuhan itu terus berkembang sampai sekarang.”

Melihat ulasan di atas, menurut ayas ada satu poin yang sangat penting yang membuat suasana panas menjadi semakin panas, yaitu media. Memang selama ini porsi pemberitaan tentang konflik antara Aremania vs Bonek (khususnya media wilayah Jatim seperti koran Jawa Pos, Surya, media internet beritajatim.com dan lain2) hampir dapat dipastikan apabila ada kejadian, maka pihak Aremania akan selalu mendapat pemberitaan yang seakan2 Aremania adalah terdakwa atau pihak yang bersalah. Padahal dalam kejadian sebenarnya seorang anak kecilpun tahu, bahwa banyak kejadian yang sebenarnya di mulai oleh ulah Bonek. Maka dalam hati para nawak Aremania akan dapat dipastikan muncul rasa tidak terima, sehingga rasa permusuhan itu akan tetap terpelihara.

Ayas sebagai orang yang telah memproklamirkan diri sebagai Aremania sebenarnya sangat tidak menginginkan adanya permusuhan dengan pihak manapun, akan tetapi jika permusuhan itu perlu, maka ayas juga tidak akan lari dari kenyataan tersebut.Hehehehehehe asal tidak menjarah dan merampok ataupun ublem stadion dengan tidak ngrayab!

Jika nawak kurang setuju dengan sedikit ulasan ini monggo2 aja. Bila punya data dan fakta lainnya, ayas bisa menerima masukan. Matur tengkyu.
Artikel terkait : Sumber permusuhan Aremania vs Bonek (other’s version)

Salam Satoe Jiwa!

About these ads

186 Komentar

  1. koreksi sedikit (klo gak salah) Pada saat konser Sepultura d tambaksari setahu Ayas : AREMA masih menguasai tambaksari bahkan sekelompok AREK MALANG membentangkan sepanduknya bertuliskan “AREK BLIMBING MALANG” hanya berjarak 2 meter dari panggung konser. krn pada saat itu arek suroboyo msh blom bersatu mereka msh geng-gengan seperti Zombie, kreator, death metal, besi tua dll … shg mrk saling pukul satu sama lain walaupun sama-sama suroboyo ne. uniknya saat itu arek suroboyo kebanyakan pake Cadar Ala muslimah afganistan. Pada saat pulang ayas terpisah dg AREK-AREK MALANG, ayas bersama seorang teman anak jember satu truk dg Arek suroboyo ” Ayo rek d jor ae truk e Arek Malang iki ” sambil mengenjot2 truk Plat N blkngnya V (pandaan) yang terus melaju dan d sekitar Stasiun kami turun smua. Lagi-lagi Dg Mata Kepala sendiri saat itu Ayas melihat arek suroboyo yg melempari Arek Malang yg barusan naik kereta api d kejar-kejar oleh AREK MALANG.
    berapa korban arek suroboyo? kanyab lop.
    Dulu sblm Ayas melihat sendiri bentrok antara AREk MAlang vs arek suroboyo, ayas beranggapan bahwa hanya isu aja jika AREk MAlang SLALU MENANG melawan arek suroboyo. Akan tetapi stlh sering melihat kejadian yg sbenarnya “AREk MAlang memang SANGAT DIGDAYA” krn AREk MAlang memang berdjiwa ONGISNADE!!
    Salam Satoe Jiwa

    • sam Sidol, maturtengkyu koreksine. Arema meski nang kandang boyo sek tetep eksis.

      • tambah maneh wong longor nang indonesia iki…..

      • hahahaha seng endi wonge cak?

      • ingat bro tapi yang tawuran antar seporter arema dulu surabaya namanya green force ingat bro saya dulu ikut hadir disana dan korban kedua belah pihak banyak,,tapi yang paling banyak korbannya anak surabaya bahkan ayas sendiri punya banyak foto2nya sebagai barang bukti tawuran ….

      • monggo cak irzam fotone diupload nang blog iki,.

      • endi cak irzam…uploaden buktine…ojok propoganda raimu…….jaman sakmono ae wartawan dibatasi…lha sampean kok duwe bukti…duwe hp ta awak peno jaman iku…

    • iki contoh wong nggedabrus lan mbujukkan,…jenenge sidol arek malang,..

      • hahaha…tapi yang penting sekarang gak usag ngungkit2 tawuran itu,,tapi ayas sendiri bangga jadi arema yang sangat berani waktu tawuran itu…bener bro foto2 tawuran itu masih disimpan sama teman2ku…..tapi kalau masalah namanya bonek itu ayas dulu kalau kesurabaya sama teman2ku pasti bonek….jdi sebenarnya seporter surabaya itu kurang pantas namanya bonek,,,,yang benar ya green force…….

      • hahaha,..sudah biasa,.tukang jago ngaku-ngaku dan jago klaim,.. arema yang ter,.ter dan ter hahaha,.. kenyataan nol besar,.. salam sportif dan damai,..

      • ahhhhh…gathel kon zam…ngomong taek kon iku

      • ora eroh opo2 ae… metuek koen mboet

    • lho???yok opo arek iki se???malah manas2-i, ojo ngono ta bro…..sing rukun ta, ojo nggawe berita ulsap n nggawe rusuh

  2. satu kata “DABORIBO”

  3. Malek eleng jaman SMA sam…s1j sam oket timika!!

    • oyi sam, sweet memories opo memoris seng elek? opo memorie pas diputus kodew?hahahahaha
      SASAJI

  4. Wah beritane ngilingno ayas pas jaman biyen, terus terang ayas biyen (termasuk sebagian besar arek malang) yo ndukung green force + Niac Mitra mulai 1985 s/d 1993 disamping tetep ndukung total Arema mulai jaman tribun stadion sik suket, niam nang mBatu, sampe saiki. Opo sing ditulis pancen bener sam, termasuk pemicune kerusuhan, mulai teko ketidakadilan media, ketidakadilan PSSI, termasuk provokatore :biyen Barmen saiki Mukadar).
    Lek iso soal kreativitas Arema mulai biyen yo digawekno artikel khusus pisan. Yo Arek2 iku sing mempelopori nyanyi ndek stadion (pertama sak Indonesia!) soale kademen pas ndelok nang mBatu, Syal pertama onoke yo teko Arema (teko kampung Kebalen), mexican wave pertama yo teko Malang, aksi nang tambaksari th 1992 + 1998, aksi ndek senayan 2000 dll. Iki perlu ditulis sam, soale bonek2 iku mulai ngawur ngaku2 (nulis nang artikel, facebook, dll), rupane bonek2 iku mulai ngalami euphoria (biyen Ultah gak tau dirayakno, saiki diramek2no).
    Bukannya utk kesombongan tapi biar nawak2 lain tahu & bangga akan sejarah sekaligus meningkatkan apa yg baik, merubah yg buruk jadi baik, termasuk ojok rasis ndek stadion!
    SALAM SATU JIWA !!!!

    • Perkoro pemicu permusuhan iku sakjane yo subyektif sam, mergo masing2 wong iku pendapate bedo2, yang ayas tulis iki kan menurut pendapate masing2 juga. sampean juga iso menilai dewe, kiro2 pemicune opo ae.
      perkoro artikel khusus, Insya Allah tak golek sumber maneh sam. enko lek memang materiku cukup, enko tak nggawe posting maneh. sampean sak umpomo ono cerito seng iso digawe rekomendasi, monggo iso ae sampean nggwe tulisan, enko sampean kirim ae nang emailku.OK?
      SASAJI

    • aku seneng karo cak faisal koment-ne sing paragraf pertama,..sportif,…
      tapi sing paragraf selanjute kok ngawur,…syal pertama teko malang,…?,.musim arema juara nasional galatama 1992/1993 ae arema gak nduwe syal, cuma gendero karo spanduk (meniru gaya arek suroboyo dalam mendukung persebaya dan niac mitra), kebetulan pas tanding terakhir lawan mitra surabaya ng gajayana aku nontok sambil nyamar karo bolo-bolo. syal iku cak tahun 1987 bikinan jawapos ide pak dahlan iskan buat arek-arek suroboyo yg akan tret-tet-tet ke jakarta dukung persebaya lawan PSIS di senayan final perserikatan 1986/1987. tulisan syalnya Persebaya 87. mexican mave pertama,..?, tambaksari 1992,..?, nek 1998 iku bener, arema nyanyi-nyanyi iku pun dengan kawalan ketat AD dan marinir. wani teko kok mbayari aparat cak-cak,. nek nyanyi-nyanyi ket biyen arek suroboyo jaman perserikatan 1991/1992 dan galatama 1990-1992 pun wes nyanyi2 cak nek persebaya-mitra nyerang dgn diiringi dirigen, tapi sambil duduk gak ambek ngadek njoget2 koyok cheerleader koyok suporter jaman saiki (gaya cheerleader ini dipelopori aremania ligina 1999/2000),.gak opo ta cak pean iku,.?,.akon-akon, diceritani wong opo pelaku temen sampean iku,.?,.aksi senayan 2000 iku bener pas 8 besar lawan persija, pelita solo karo persikota.

      • yooo cak greenforce…jaman biyen lagune arek sby ole…ole..oleee…terus lagu suwe ora jamu….sampean iku ancen bonek lawas….^_^

    • dancok yo raimu ngaku2 mboet ,., aqhue gagk trimu sebagai arek sidoarjo seng dadi bonek cokkk

  5. umur ayas saiki wes kepala 3, ndisik tonggo sebelah omah seng ladub ndelok sepultura, jeneng e Oon, arek letjen sutoyo,iso mlebu stadion karo nawak2 liyane.
    Konser sukses, ‘pasukan ‘tekan Malang jg sukses meramaikan ayabarus,konser e yo tawure pisan, muleh yo selamet, jare sopo AREMA jago kandang tok??

    • Hahahahahaha lha wong singo kan raja sam, saiki masio nang alas endi ae ganok ceritane singo kalah karo sopo ae, jaman biyen masio sek jamane gank gank an ayas juga sek eleng seng jenenge Arema(arek Malang) nang Suroboyo sek disegani sam………..opo maneh nang Sby, nang Jkt ae disegani juga koq

      • numpang komen…..saya salah satu pelaku peristiwa…..Swami,,,Kantatatakwa,,,Europe,,,,Ingwie J Malmsteen,,,,horor mas,,,,

      • nok suroboyo daerah endi cak jun?? nok jakarta yo nok daerah endi???

    • cak nqoeq,..nek saat wes rame permusuhan arek suroboyo-arema,.. teko nang malang aku yo tuwuk cak,.mulai sing nyamar sampek terang2an nggowo gendero persebaya ngeluruk malang,.(nang daerah lawang wes dicegat arek malang),.. sepultura 1992 aku gak ndelok atribut arek malang blas, soale wes dititeni lan disweeping arek2 suroboyo (sejak konser power metal di tambaksari beberapa waktu sebelumnya). emboh nek nyamar. ancen sepultura 1992 yo rame tawuran koyok kantata 1990, tapi antar geng arek suroboyo, gak onok atribut arek malang. salam HELLFIRE,…haha

      • opo maneh konsere helloween wingi mas……..arek malang malah gak onok blasss…bener opo jare arek2 tuwek sby…sakjane sing teko pas kantata takwa iku gak arek malang tok, arek kediri arek jombang dan geng2 lain pada ngumpul d sby…ibarate arek2/geng2 surabaya ngopeni….lha arek2 malang iki sing pethakilan gak eroh sopan santun…dikonser sepultura akhirnya di habisi karo arek2 sby…weslah gk usah dicritakno…jarno ae arek mlg dg bangganya crito lek tau nang sby hehehe pdahal bnyak tragedi pahitnya

  6. Mas JUN artikel kipa iki tak lebokne wearemania yo?

    • oyi, ayas oyi thok weeeeeeeeees……….gawe arema opo seng gak………..hehehe tp identitas ayas karo aremania balikpapan eksis sam yooooo…

  7. Siap sammm…. Tak rujuk ne Link e pisan…. !!!!

    • oyi wes! matur tengkyu………….

  8. Seneng lop ayas sam moco kabar2 info nang kene..
    “jeru” pembawaan beritane seimbang walau awak dewe iki aremania.

    Salam Satu Jiwa saklawase gawe nawak AREMANIA BALIKPAPAN dari kita yang VALID dan hidup menjadi bagian dalam Aremania Zona Ayahab (sby, sdrjo, gresik)
    mampir rene sam masio g onok ipok e, hehe..::
    http://www.facebook.com/pages/Official-Aremania-Zona-Ayahab/195433763801035

    • Oyi sam, ayas nulis berita memang tak gawe bedo teko blog2 liyane, ayas berharap posting seng ayas gawe gak bakal sedilut ae diwoco wong, tapi bakal tetep up todate masio wes suwe. Matur tengkyu kunjungane sam………..
      Salam Satoe Jiwa

  9. wah bagus neyh tak masukin catatnq di fb yah

    • gawe nawak2 iki opo seng nggak, gowoen sak blogke ae gak popo koq……..
      seng penting ojo lali link di ublemno sisan

      • suwun sam2.. informasi pnting iki.. merganE aq mek d critani sejarahe arema tekok ebes ku tok e sam.. tk lebokne FBku eow sasaji arema navaz singa balikpapan..

  10. tragedi ketapel nurkiman ng malang, kok ga ditulis pisan.. ga ngerti opo disengojo ga ditulis,,hehhe :b… ben rodo anget blog e…

    • Bonek sama Aremania gak pernah ketemu di jaman galatama bro…. Bonek yang notabene pendukung persebaya tentu berkiprahnya di kompetisi perserikatan, sedangkan aremania di galatama…..
      Kalo di jaman galatama, Arema ketemunya ama Niac mitra surabaya, dan seinget ane nih aremania dengan suporter niac mitra ga ada sejarah rusuh tuh….

      Dulu sebenarnya Bonek tuh agak bermusuhan ama suprter persema malang (tim malang yang berlaga di perserikatan), namun ga separah sekarang…. Biasalah, persaingan antar tim tetangga, kayak Psis ama Persis solo misalnya….
      Tapi permusuhan itu mencapai puncaknya ketika ada kejadian tragis penyerangan suporter persema terhadap pemain persebaya bernama “nurkiman”, pada partai persema vs persebaya pada liga dunhill pertama musim 1994-1995 di stadion gajayana… pada kejadian itu, nurkiman terkena serangan ketapel suporter persema yang mengakibatkan kebutaan di sebelah mata nya (cacat seumur hidup) dan akhirnyA harus merelakan karir nya harus berhenti total. padahal nurkiman saat itu adalah salah satu pemain muda andalan persebaya… dan berawal dari kejadian “tragedi nurkiman” itulah terjadi saling dendam antara suporter surabaya dengan suporter malang yang sampai sekarang tradisi itu “dilestarikan” oleh bonekmania dan aremania…
      monggo ditambahiiiiiiii…………matur nuwun

    • Cak Nurkiman bagi kami suporter lawas suroboyo adalah martir dan pahlawan arek suroboyo,..saat liga indonesia satu 1994/1995 di stadion gajayana pertandingan putaran pertama arema vs persebaya. awal-awal 1995an sakilingku,..itu soalnya beberapa bulan setelah tahun baru saya ingat. banyak arek suroboyo yang ngelurug ke malang baik terang-terangan dengan sepur lewat stasiun wonokromo, nggandol truk (di pandaan dan lawang bentrok dengan suporter arema) maupun menyamar naek bus dari bungurasih. jam 11 siang dalam perjalanan ke malang saya ingat sepanjang jalan surabaya-sidoarjo-pandaan lautan hijau bendera dan spanduk arek suroboyo yg berangkat ke malang. (bahkan ada yg bawa mobil pribadi dan motor). saya ingat pertandingan tersebut hari biasa bukan minggu atau sabtu. sampai di daerah pandaan ada gerombolan simpatisan malang yg melempari konvoi kami langsung dikejar dan diobrak-abrik arek-arek suroboyo sampai mereka kabur terbirit-birit masuk ke kampung. di sidoarjo juga banyak suporter suroboyo yg melempari truk dan sepur memaksa mereka berhenti agar mau mengangkut ke malang. di daerah pandaan-lawang sudah di cegat pasukan doreng,.arek-arek suroboyo dihalau dan dipukul aparat agar kembali ke surabaya. sehingga banyak dari kami yg memutuskan menanggalkan atribut (alias nyamar) agar bisa melewati gapura kota malang. aku dewe karo rombonganku milih mulih seusai sawat-sawatan lan uber-uberan karo laler ijo. besoknya di berita koran-koran bus pemain persebaya dilempar pendukung arema di luar stadion gajayana. nurkiman pemain berbakat persebaya terluka di matanya. maka semakin marahlah kami terhadap arek malang. sementara arek malang sendiri terlihat pura-pura buta dan tuli terhadap ke-dzaliman mereka ini. bahkan terkesan menutup-nutupi dan dengan pengecut seakan enggan mengakui borok mereka ini. saya ingat birokrat,tokoh2 dan pengurus arema sendiri saat itu menganggap angin lalu kejadian ini. jangan heran akhirnya kami membalas saat di final PON 1996 di senayan, arek2 malang yg mendukung tim PON jatim di final (dgn PD membawa atribut arema dan menyapa yo opo kabare dulur suroboyo) yang berjumlah kisaran ratusan langsung kami bantai dan hajar di dalam dan luar senayan. spanduk-spanduk arek suroboyo menguasai senayan saat itu,.. dan terlalu banyak kisah kami -seperti brigade metal bilang- yang bisa disampaikan pada kalian teman,….mungkin bisa sampai 50 episode,. sepanjang-panjangnya kisah dan sejarahmu kawan tak ada seperempatnya kisah kami teman hahahahaha.,.. SUROBOYO YANG TERBAIK,…

      • ya…aku ingat cak green force….ada salah satu spanduk raksasa bergambar wajah bapake arek jawa timur … basofi sudirman…setelah gol bersarang..gemuruh suporter jatim membahana…justru lawan suporter papua walo sedikit kita agak kewalahan…polahe wonge sangar2 …hehehe
        tak koreksi sedikit cak green force….arek suroboyo berusaha untuk mnjadi lbh baik…

      • metal@ final PON 1996,.di semifinal suporter jatim sek sitik pas lawan sulawesi utara. namun semua suporter jatim adalah pasukan ijo suroboyo. semua spanduk warna hijau (spanduk persebaya dan mitra). pas Final mungsuh Irian jaya (durung papua), tribun barat dan utara di penuhi puluhan ribu suporter suroboyo yang mulai dikenal dengan sebutan Bonek. sementara tribun selatan ditempati puluhan suporter Irian Jaya yang didukung penonton lokal jakarta. aku iling bintange Papua jenenge Albert Yom. di final PON 1996 inilah pertama kalinya kami arek suroboyo bertemu dengan Arek malang di senayan dan di tempat netral. mungkin kebanyakan arek malang yang di jakarta yg datang mendukung tim PON jatim di final. juga arek-arek jatim yang kerja dijakarta banyak datang. di luar stadion siang sebelum final, mayoritas suporter jatim yg merupakan arek-arek suroboyo langsung menyerbu dan menyerang atribut biru-biru arema yg terlihat datang ke senayan. karena jumlah mereka jauh sangat sedikit dibanding arek suroboyo mereka pun kocar-kacir. banyak juga arema yg selamat karena mereka berkawan dan datang bersama arek2 suroboyo yg di jakarta. mereka ini arek malang yg domisili ng ibukota. ketika akan ditawur langsung dilerai dan ditolong kawan2 arek suroboyo, jombang,mojokerto,gresik sing manggon jakarta. di dalam stadion mereka menempati tribun tersendiri di sayap kanan tribun barat dgn sedikit atribut arema. karena bendera arema sudah banyak yg dirampas dan dibakar arek suroboyo. sehingga banyak arek malang ini yg balik kucing dan tidak berani masuk menonton. didalam stadion saat pertandingan pendukung suroboyo terus meneriakkan sumpah serapah kepada arema sambil kadang2 beberapa oknum “bonek” melempari puluhan arema yang tidak berani melawan. pas buyaran tim PON jatim menang 2-1 nek gak salah. arek-arek mlebu lapangan kabeh. bener jare awakmu buyaran suporter Papua sing ketokane podo mendhem kabeh nang jobo stadion nguber2 penonton beratribut hijau. arek-arek ngeri ndelok rupane wong papua sing sangar-sangar. mungkin iku pertama kali arek bonek dan jatim ndelok rupane suporter papua. hahaha,. untune abang-abang, rambute gimbal, awakke dempal ireng gak klambenan. suangar puol pokoke koyok wong pedalaman. sambil mendem nguncali botol,. arek-arek pendukung jatim kocar-kacir menyelamatkan diri diuber-uber suporter Irian jaya. wedi dipangan paling haha,..
        bener metal,.arek suroboyo berusaha menjadi lebih baik,…

  11. aku arek suroboyo asli, saksi kasus sepultura, iawan fals, kantata taqwa dan lain-lain. Intinya kalau yg namanya tawuran itu nggak ada yg paling digdaya, kecuali kalau satu lawan satu. Banyak yg saya tahu kasus dulu, tapi buat apa di ungkit kalau hanya menimbulkan luka lama. Aku biyen nggak begitu suka acara konser2 musik, kalaupn hadir paling cuman seneng ramai2nya saja. Justru aku hobby track2an dan aku sebagai arek suroboyo sering datang ke malang dan menang balapan di jalan deket unibraw, kalau ada acara track-an itu arek suroboyo yg datang bisa puluhan motor ke malang. Waktu jalan tol surabaya – gembol belum jadi, juga sering jadi ajang balapan motor. Tapi sak ngertiku jarang ono tawuran suroboyo – malang sesama hobby track2an masio arek malang jarang menang nek perkoro balapan karo arek suroboyo. Itu saja bro, dan harapanku sesama generasi tua, tularkan saja virus damai bro bro atau mungkin lebih pantas aku panggil Om Om yg ada disini, biar anak2 kita nanti nggak kita wariskan budaya tawuran saja. okay kawan ??

    • Ayas sih gak ngungkit2 luka lama, cuma memberi penyegaran gawe arek2 seng gak ngerti2 masalah perseteruan antara Ngalam Suroboyo ini loh sam. karena jaman sekarang ayas yakin banyak sekali anak2 muda asal Ngalam Suroboyo yang bermusuhan tapi gak ngerti apa sumber masalahnya. Lha karena melihat hal ini ayas bermaksud memberi tahu tentang sumbernya aja, bukan bermaksud membuka luka lama sam.

  12. sip sam aku generasi muda, ngerti n seneng arema mulai arema juara copa ^_^,
    sedikit tanya sam, blog.e sampean kan pake wordpress nah tapi kok tema.e osi di ganti kyk ngunu??
    apa sampean beli domain sam?
    mohon pencerahan

    • sampean lek nggawe Wp golek tema seng iso di edit sam. nang masing2 tema ono koq spesifikasine. Kabeh nang Wp ayas iki gratis tis tis sam

  13. Tak akui jaman konser rock 90 an, arek malang akeh seng teko nak sby. Malah tawur ambek golonganq ndek daerah wonokromo. Arek malang mek 10 tak tawur,keprok.gak onok seng mblayu soale onok arek 3 seng kebal akhire aq seng keplayu.
    Nek asal usule bonek vs arema. Prasaku murni Arema seng garai. Soale opo ,polae IRI,DENGKI, Ambek suroboyo.
    Seharusnya kalian kera malang,harus sadar,golongamu iku sampah, nangdi2 onok, gak nang aceh.batam.lampung.dumai.batulicin.makasar.manggarai.flores.papua, mesti ketemu arema, coro pancet nak malang yo matek g iso mbadok.
    By Bonek sidoarjo anti deltamaniasu

    • sam kenob, ayas sangat menyukai komen sampean “Tak akui jaman konser rock 90 an, arek malang akeh seng teko nak sby. Malah tawur ambek golonganq ndek daerah wonokromo. Arek malang mek 10 tak tawur,keprok.gak onok seng mblayu soale onok arek 3 seng kebal akhire aq seng keplayu.”
      dari sini kelihatan……………nya.hahahaha silahkan anda menyimpulkan sendiri apa tititk tersebut.
      Sam kenob, mungkin ayas perlu memberi pencerahan tentang Arema ada dimana2 ini, menurut ayas bukan karena nang Ngalam gak iso mbadog sam, karena sebenarnya banyak orang2 yang berasal dari daerah2 lain seperti Surabaya, Sidoarjo, Madiun, kediri, Jogja dan daerah lain2. Akan tetapi dari semua daerah asal warga rantau tersebut kami dari malang lah yang selalu bangga dengan asal kami. Dan kami tidak malu dengan hal itu. sehingga mungkin disini akan selalu terlihat bahwa Arema (Arek malang) akan terlihat ada dimana2. hal ini bisa sampean buktikan sendiri………….
      Dan semisal ada yang berasal dari Surabaya misalnya, ayas nggak tahu kenapa mereka seakan tidak mau memunculkan dirinya sebagai arek suroboyo. mungkin malu dengan hal itu(pengaruh adanya kenob mungkin)……ini mungkin loh sam……..

  14. Permisi TIFOSI NIAC MITRA SELAMANYA TAK AKAN PERNAH MATI……………………………………………………………………………..

    UNDERWORLD
    LANJUTKAN DISKUSINYA CAK….. REANG AREK NIAC MITRA DADI PENONTON….

    • monggo dilanjut sam, nuwus nyimak terus.
      5454 JI

    • noar09niacman@ Fandi Ahmad, Dullah Rahim, Syamsul Arifin, sunardi rusdiana, M.zein Alhaddad, jaya hartono,Benny van bruekeleen,.(juara nasional galatama 3 kali -1982,1983,1988)

      • PAGUYUBAN MASYARAKAT MITRA PMM

      • The Public,..tim pinggiran,., PMM (paguyuban masyarakat mitra),..Torsedor Mitra Surabaya,..Bonek Mitra,…

    • jaman mitra surabaya sing tak iling pemaine hadi surento…mulyono si jepang…iling ta rek,..pertandingan penentuan lolos gaknya mitra ke senayan pas lawan psm…ibu2 se surabaya di pelosok2 kampung kompak buat rumbai2 dari tali rafia buat anak2 nya ato bapak2nya yg berangkat mendukung mitra…eling gak penontone sampek pinggir garis lapangan…gelora jek pager abang…durung onok kaline…

      • metal@ nek gak salah iku skornya 2-1 untuk mitra surabaya,.. pemain PSM main keras sehingga sempat terjadi tawuran antar pemain,…

  15. Sam jun, sekali lagi inti permasalahan bonek vs aremania, menurut saya dan mungkin dalam hati kecil sebagian besar aremania, murni karna iri terhadap kemajuan kota surabaya.
    Salam damai tuk
    konco2 q ,
    Aremania Batam,Aremania batulicin,Aremania Tarjun,kotabaru kalsel.
    Electrical engineering
    by; Bonek sidoarjo

    • Sam kenob, sakjanya perkoro iri iku ayas anggep biasa ae, dan yg paling berperan dalam memperbesar proses permusuhan iki adalah media, seperti yg tak sampekno nang tulisan nang nduwur iku. Biasane bumbu2 teko media iki seng nggarai suasana panas dadi tambah kobongan. oyi kan?

  16. Tak tambahi, nek masalah kebanggaan daerah, awak jaman proyek th 87 zampek saiki, nek nak luar pulau zaman biyen mesti ngaku suroboyo, soale jarang onok wong ngerti sidoarjo.gresik.pasuruan. Asline arek suroboyo disegani nak njobo yo gara2 daerah penyanggae,
    lanek indonesia wes tak inciki ket biyen,
    nias,dumai.batam.palembang.rajabasa(lampung)digul,merauke,ternate.batulicin,
    nek nurut pengalamanq
    Arema rantau iku persatuane kuat,

    • ayas setuju karo komen sampean sam, mergo suroboyo adalah kota terbesar kedua sak wis e jakarta, makane terkenal.

  17. tak tambahi sam perkorone seng nang gresik iku asale arek suroboyo seng ngaku arek besi tua ngirim surat kaleng nang nawak2 digambari clurit karo getih, iku seng paling tak eling,trus kera2 krungu isu pak wali kota ate nyediani truk opo bes digawe ngangkut nang gresek trus kurang 1jam ,kera2 dikepung TNI trus ditembaki karo dipentungi, mulakno kera2 seng ladub nang gresik titik,

    • oyi sam, nuwus tambahane…..

    • bener sam iku,,, ingat sam waktu arema ngrebut pintu keluar stadion berapa banyak korbannya anak surabaya…hehehe…sori sam ayas jarang ngikuti berita2 kabarnya diinternet setelah ayas baca……beritanya arek2 suruboyo g bener kabeh…ingat sam setiap ada sepakbola atau konser disana pasti bendera arema berkibar2 sangat besar disana……hehehehe

      • hahaha,..tahun piro iku cak,.?,..

  18. AREMA JANCOK

    • Masio jancok sek Arema hare cok…….eh cak…..! misuho maneh age……

  19. wew!!!!!!!!!!!!!

  20. aku lahir d SUROBOYO, SEKOLAH n KULIAH d SUROBOYO, wong mengenalku BONEK tapi aku duwe darah malang……….mengenai areMANI vs KENOB,,kan d MALANG ada UNIBRAW n d SUROBOYO ada ITS,,daripada bersaing kedaerahan kyk zaman purba (bacok2an & saling fitnah),,gmn klo bersaing teknologi robotika aja??? OK SAM…

  21. hihihihihi masio aku jaman iku sik SD kelas 6 sik iling aku mas mas onggot crito mari tawur karo suroboyo

  22. heh kabeh kon arek malang,…tak kandani yo…jaman kantata takwa, sepultura biyen iku akeh arek mlg sing mati nang sby..tp jmn biyen iku jurnalis dilarang memberitakan hal kyk gini kpd masyrkt luas oleh pmrintahan pak harto. aku saksi cak…nok sblah gelora,cideke gelanggang olahraga,arek mlg 2 org diuber2 karo arek sby sing golongane geng MADHAZ .akhire kenek dikepruk arek2 sampek matek..sumpah cak,aku saksi. durung nang skitar stasiun gubeng,arek mlg sing keplayon teko gelora,diuber2 arek sby sampek nok kampung2 daerah ambengan, akhire onok sing mati nyungsep nok got. sakjane aku mls crito2 koyok ngene. tp brhubung kupingku panas,moco postinganmu.seolah2 arek malang digdoyo nang sby. lak gk pcyo ,doleno nang ambengan sby,njajal sampean takok tuo-tuone kampung kono.piro arek mlg sing ilang nyowone.nok kmr myt karangmnjangan yo onok. sakjane jaman kantata takwa karo sepultura iku,arek sby gk onok masalah karo arek mlg. justru disek iku arek2 sby perang antar geng sesama sby. mangkane kon arek mlg isok maju sampek nok ngarep panggung..saiki aku takok??? onok tah arek mlg nok gelora pas konser helloween th 2004 wingi?? paling yo onok tp nyamar. malah sing wani ngetokno jati dirine justru arek2 metal lamongan…iku ae arek2 sby sportif cak,musik musik,balbalan yo balbalan.gk onok rusuh konser helloween wingi. mangkane cak,mas,ker,sam…lek perkoro tawuran iku gk onok sing digdaya. emboh lek siji lawan siji. cobak”o kantata takwa/sepultura konser nang mlg,arek sby yo pasti nglurug mrono. wes tah gk usah didhuwur2no prkoro arek mlg nok sby…gk usa sombong.krn fakta di lapngan brkata lain.ok sekian terima kasih dr saya…BRIGADE METAL

    • Ayas setuju pol sam lek perkoro digdoyo2an. hahahaha sak sakti2ne wong iku bakal ketam! salut juga ayas karo omongan riko seng iki cak……..

      • ralat untuk mas brigade metal ; saya ada disana saat itu,,seperti yg mas bilang..GOR dan terutama stasiun gubeng,,terbalik mas,,rombongan kami hy sekitar 30 org,,yg plg byk saat itu rmbongan kearah mojokerto,,jombang,,madiun,,,juga solo,,warga stasiun gubeng dengan gagah dan angkuhnya datang mencari AREMA yg dipimpin olh org kurus tinggi dg jaket kulit hitam,,,tp akhirnya…………..tnyakan sndri sm org diseputar stasiun gubeng…..

    • Totok,.arek malang,..nggedabrus, mbujukkan, kecap nomer siji,… koment-mu gak bermutu,.ketoro awakmu duduk pelaku cuma oleh cerito karo moco,..umurmu piro sih tok,..?

      • yoweslah cak totok….sakkarepe sampean
        wes gak usa dibuat pnjang lebar
        masa lalu adlah kenangan…dan kenangan adalah sbuah sejarah
        sbg sesama jawa timur semoga kelak bonek arema akan berdampingan…amin

  23. AREMA JUANNNCCOOOOKKKK
    AREMA IKU BANCI
    AREMA IKU GATEL
    AREMA IKU TEMPEK E LONTE

    • Sek tak ngguyu kepingkel2 sek yo………..hahahahahaha
      kabeh wong iku asline yo ngerti, seng jancok iku sopo, seng banci wanine karo wong dodolan es degan plus gorengan iku yo sopo, seng gatel mateni kancane dewe iku yo sopo, seng nggone lonthe paling terkenal sak asia tenggara iku yo nang endi…….
      wes talah cak, gak usah ngilok2no wong, ngoco disek, perbaiki internalmu, terus baru ndelok wong liyo.

    • arema taek@ suporter bayek,.ojok ngisin-ngisini bonek,… gak usah melok koment,. iki khusus gawe wong lawas tok,..

      • seng plenting gak seneng njarahan ae sam

  24. lucu yo,sebenere ndelok postinge seng ancen guduk arema,omongane ngglambyar gak karuan..pas di tantang temenan yo buyar kabeh…sasaji arema jodipanes!!!!

  25. Trus begini Dulur dulur….biyen biyen…saiki kudu beruubah …aku asli seneng Persebaya (aku juga BONEK),..jaman sekolah SMP/STM wes sering lah di ajangi ombo masalah PERSETERUAN AREMA BONEK soale aku dodolan KORAN (sering MOCO semua surat kabar) waktu iku tak AKUI aku sek seneng (mungkin karena nga sadar lek nyowo iki mung siji),…eh setelah KERJO ndek BATAM wong seng seng sering bantu aku karo koncoku arek 6 (rekrutan SUROBOYO iku) yo nga LAEN seng selama iki tak anggep MUSUH besar bonek yoiku AREMA (AREK MALANG BATAM) Tak akui sumpah AREMA BATAM GUEEDHE poll trus kekompakane iku bisa di bilang JOSS,dan iki yg merubah IMAGE ku yg terbangun di jawa timur,…nga butuh waktu suwe mereka AREMA bersosialisasi karo AKU AREK SBY,terus terang support poll masalah duwek,mangan dll sampai sampai aku koyok nemu DULUR neng BATAM,…smapi saiki wes 14 taon nga ada BONEK DAN AREMA BATAM TAWURAN seng onok yo mangan bareng lok-lokan sakwajare,…TRUS padahal lek gelem AREMA iku neng batam ewonan lek tawuran pasti BONEK kalah cuman yo iku ngaa onolah critane ono masalah karo BONEK….cuman fakta berkata laen jika kita lihat di JATIM permusuhan iku sek ono, yg sy lihat karena USIA para BONEK/AREMANIA saiki mungkin akeh arek cilik (CUMAN lek onok WONG tuwek sek nga berubah ) BISA di bilang KEBACUT,….usulku mending Pentolan BONEK & AREMA stop bangun OPINI perseteruan,…trus ke 2 LOBY Surat kabar kon Nulis AREMA BONEK saiki DULUR selama sak ULAN lek sek nga mempan Virus perdamaian iki bisa di ciptakan dari perantauan ,…aku nduwe Bukti akeh persaudaran AREMA karo BONEK berupa gambar kalau bisa aku posting ngkok cak lek perlu. wes yo sakmene sek mungkin ono seng nga sependapat karo aku silahkan lek AKU sih nangepine setelah semua sodara pasti ada Plusnya di kemudian hari.

    • setuju cak botam,…

    • YO IKU JENENGE MANUSIA YG BERPENDIDIKAN …………..

      • sakarepmu le,.

  26. cak penthol….ditantang opne maksud sampean??????

  27. arema jancok cok

  28. begini cak botam….kalo masalah perantauan…memang arek sby kalah bnyak. menurut saya krn 2 faktor. pertama,surabaya kota besar..bnyk pabrik,kantor dlll…shingga mnurut saya arek sby gk prlu jauh2 untuk bkrja. beda dg mlg,bukannya sya mnghina,…mskipun kota,daerah2 pinggirannya msh dlm bentuk kabupaten,shingga pemuda2nya bnyak utk berlomba2 mncari khdpan yg lbh baik…yg kdua,mgkn budaya kota yg negatif,kasarane arek ndeso iku luwih sregep timbang arek kuto,yg bwt pemuda2 kota bnyk yg nganggur..
    trusss klo bicara tntang kekompakan cak botam..dlm hal sepakbola…jgn prnah meragukan loyalitas arek suroboyo..mgkn saja anda bercerita begitu dikarenakan komunitas mlg lbh bnyk di batam.
    tetapi aq setuju karo sampean…sudah saatnya bonek arema bersatu..memang lbh bnyak suporter cilik yg tdk tau sejarah bikin permusuhan kian meruncing.
    ok salam kenal dn jika anda msh bangga dg arek suroboyo….kibarkan bendera perdamaian dgn arema batam atau siapapun disana.
    selamat bekerja

    • arek suroboyo selalu bangga pada suroboyo,… suroboyo kampung halamanku tercinta,… setuju,..suporter tuwek2 koyok awakdewe iki yo isok guyon lan pikiran tuo,. tapi suporter ABG-ABG jaman saiki angel binae.,..hehehe,.
      persebaya,niac mitra,mitra surabaya selalu di hatiku,….

  29. Begini Cak METAL,
    meski BONEK kalah banyak cuman jangan ragukan akan kesolidtannya dalam hal dukung mendukung Persebaya maupun dalam beroraganisasi di BATAm cuman sy memandang 1 hal yg harus terus dikikis itu adalah rasa permusuhan di antara BONEK AREMA dengan cara menerima dengan lapang dada segala kelebihan yg dimiliki AREMA atau sebaliknya,dan KITA akan bangga akan kota kelahiran kita jika kita bisa membuat IMAGE kota kita lebih baik dengan sebelumnya ya toh?….terus terang sy merindukan NONTON BIGMATCH AREMA VS PERSEBAYA di KANJURUHAN dengan memakai KAOS kebesaran kita BONEK SURABAYA tanpa harus ada tetesan darah yg keluar..

    SALAM KOMPAK SELALU
    PERSEBAYA DI HATIKU
    AREMA SODARAKU
    SUPORTER INDONESIA akan bersatu

  30. Tahukah Anda Bagaimana Sejarah Perselisihan Bonek vs Arema??? waktu itu saya berangkat ke malang dengan saudara saya.Namun kejadian di depan stadion di malang tidak pernah saya lupakan sampai akhir hayat. Awal ceritanya simpel saja,di kompetisi ligina (dulu liga dunhill) terbagi 2 putaran yang mempertemukan persebaya vs persema (leg 1) di Surabaya.Pada saat itu aremania diberi quota di tribun sebelah kanan VIP (BC),pada intinya panpel (baca:suporter persebaya) menerima dengan baik kedatangan suporter malang di Surabaya.Tetapi disaat putaran ke 2 dan Persebaya away ke malang,otomatis kita (suporter surabaya) ikut mendampingi Persebaya tanding di malang.Namun disinilah petaka terjadi,bagaikan air susu yang dibalas dengan air aki (saking hinanya).Rombongan suporter persebaya yang sudah berada di depan pintu masuk stadion tiba2 diusir paksa dan dikeroyok oleh suporter/warga malang.Padahal harapan kami mereka juga bisa menerima dan memberi kita quota masuk stadion seperti yang panpel Surabaya lakukan,tapi karena sikap mereka yang seperti tidak mau tau dengan semua itu membuat mereka tanpa ampun mengusir, menginjak2, dan menjadikan suporter Persebaya yang jumlahnya lebih sedikit dari suporter malang sebagai sansak hidup tepat di depan gerbang masuk stadion.Hanya satu alasan mereka,”STADION TIDAK CUKUP”.Tapi apakah harus dengan cara kekerasan???. Ini sekilas sejarah Persebaya dan Arema. arema lahir thn 1987,sedangkan persebaya lahir jauh sebelum kemerdekaan arema di galatama,persebaya di perserikatan.jadi ga pernah ketemu sebelum era ligina. Musuh bebuyutan bonek jaman perserikatan dulu adalah bobotoh (Bandung) dan (SneX) semarang… kalo luar jawa ada makasar (MaczMan) dan medan (KamPak). ga ada ceritanya dgn malang.. karna persema nomer 2 di jatim (arema ga ikut perserikatan mas)!! Semua di mulai saat nurkiman pemain persebaya di ketapel suporter malang…sehingga waktu persema main di gresik lawan persegres di balas sampe ada satu suporter malang mati!.Hal itu berlanjut..balas membalas,,,lucunya yg sebelumnya bonek dgn persema (beda kan aremania dgn persema?..suporter persema ngalamania) aremania ikut2an.

    tp di byk kesempatan aremania selalu ngeles opini diketapelnya nurkiman..dgn alasan thn 2000 saat bonek kirim surat terbuka ke semua preman malang…untuk berani ga dtg ke surabaya (sampe skrg pun sepertinya tantangan itu ga terjawab..malang ga pernah berani dtg ke surabaya)

    inget mas…arema lahir thn 1987…ga ada sejarah panjang bermusuhan lawan bonek..yg ada permusuhan surabaya … Lihat Selengkapnyavs malang yg dibawa arema ke sepak bola kita tau surabaya kota terbesar di jatim..byk penduduk jatim lebih bangga dgn persebaya drpd arema (jelas lah di galatama aja niac mitra lebih jago) hal ini yg ga bisa di terima anak2 malang…menjadi nomer 2 di jatim.. diperparah dendam preman2 malang dan arek2 suroboyo saat ada konser rock..setiap ada konser rock thn 80-90an pasti saja rusuh ga di surabaya..ga di malang. tambahan buat yg ga tau…nurkiman (pemain Persebaya) di ketapel sampe buta mata kirinya dan pensiun dr sepakbola padahal usianya baru 20an…ga sampe 25.Dan pada saat itu Persebaya menang 0-1 saat away ke Malang

    • sakilingku iku liga indonesia IV 1997/1998 persebaya vs arema pembukaan di tambaksari cak solikin. sekitar nopember 1997, Pertandingan disiarno ANTV. waktu iku arek-arek suroboyo gak nyongko bakal onok kedatangan suporter Arema yg dikawal ketat pasukan AD Branjangan Kodam V Brawijaya dan Pasukan Marinir AL. waktu iku Arema ditaruh disamping VIP kiri (sayap). memang sempat ada kecurigaan ketika tribun sayap dikosongkan dan suporter suroboyo tak boleh menempati tribun disana. lalu kami yg ada di tribun papan skor (tradisi suporter fanatik garis keras suroboyo selalu disini) diberitahu kalau ada suporter Arema datang diangkut truk tentara dengan kawalan ketat ditaruh sementara didepan Mess persebaya yg berada di belakang stadion. mereka sudah dikepung dan digempur suporter suroboyo sejak kedatangannya. lalu pertandingan berjalan kira-kira 10 menit mereka baru masuk stadion dgn kawalan super ketat aparat. langsung saja para suporter suroboyo yg ada di tribun belakang gawang langsung menyerbu dan berusaha menyerang suporter arema yg kira2 berjumlah 50 orang, namun langsung digebuki aparat dan ditangkapi.aparat lalu membentuk pagar pembatas manusia. seluruh stadion gaduh. kami tidak fokus lagi nonton pertandingan. semua berusaha loncat ke lapangan menyerang suporter arema namun dihalangi petugas gabungan dan panitia dgn alasan damai rek,arema arep damai iki demi persatuan jatim,maringene onok PON 2000. engku gantian nang malang awakdewe yo diundang. namun arek-arek suroboyo gak perduli, semua berteriak-teriak mulih gempur,.mulih tawur,.sambil melempar-lempar ke lapangan. ternyata 15 menit sebelum pertandingan usai para suporter arema ini langsung dikeluarkan aparat dari tambaksari dan langsung dipulangkan ke malang demi keamanan mereka, maka selamatlah mereka. bisa dibayangkan kalau mereka menyaksikan sampai pertandingan usai bisa-bisa habis dibantai 40.000 suporter suroboyo. gak ada cerita arek malang berani datang ke tambaksari lek-lekan dgn atribut kalau gak ada beking alias dekeng dari aparat. nah waktu leg-2 di stadion gajayana lama ini cerita “air tuba dibalas aki” versi sampeyan cak likin. -kira-kira bulan april 1998,saya ingat itu mendekati reformasi mei 1998 dimana saat itu keadaan dimana-mana sudah genting,dan tak lama kemudian pun kompetisi dihentikan-. saat suporter suroboyo terkodinir baru masuk malang pun sudah dilempari, paling parah saat didepan stadion saat arek-arek suroboyo yg jumlahnya mungkin kurang lebih 75 0rang diserang dgn membabi buta oleh suporter arema yg tak terhitung jumlahnya memenuhi stadion gajayana lama yg kecil. kemudian diamankan aparat dan dgn entengnya panpel arema bilang suporter suroboyo jangan masuk untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan, didalam sudah kacau balau. namun kehandalan para bapak2 tentara yg dgn konsekwen tetap memasukkan suporter suroboyo yg patut dipuji, walau harus dengan syarat melepas atribut. masuk gajayana seisi lapangan sudah dipenuhi suporter lawan yg mengarak-arak bendera, (bisa dimaklumi karena stadion gajayana lama sangat kecil (15.000-20.000) sedang yg datang menonton laga mungkin 40.000an orang. akhirnya suporter suroboyo ditaruh di belakang gawang pas diatas rumput lapangan. menyaksikan pertandingan sambil dilempari suporter tuan rumah. keamanan agak kesulitan mengamankan karena stadion gajayana yg kecil disesaki ribuan orang. besoknya berita ini kurang diekspos karena kalah dgn berita negara yg sedang gonjang-ganjing,mahasiswa demo,rusuh dimana-mana menjelang reformasi 1998,..

      • JANGAN BILANG AREMA G BERANI DATANG KE SURABAYA, BUKTINYA BANYAK TRUK, BUS, BAHKAN STIKER2 YG ADA DI KENDARAAN BERMOTOR BERGAMBAR SINGO EDAN AREMANIA DEGAN BERANINYA KELUAR MASUK SBY BAHKAN KE SELURUH INDONESIA TAPI MANA ADA TRUK YG BERTULISKAN bonek YG BERANI MASUK KE MALANG, BAHKAN DI SBY SENDIRI JARANG SEKALI DITEMUI TULISAN bonek DI KENDARAAN BERMOTOR, BAHKAN PERNAH KITA DENGAR “AREMA MANUNGGAL” BENTUK KAWALAN PREMAN BAGI KENDARAAN AGAR AMAN KE SEEURUH PENJURU TANAH AIR, YG LALU BIARLAH BERLALU TAPI BUKTIKAN HARI INI………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      • aremania motor tuwek@ ya itulah cak,.karena kami arek suroboyo adalah orang-orang terdidik,.kami hidup di kota bukan di rimba,.disini heterogen,.suroboyo akeh,madura akeh,malang akeh,lamongan akeh,ambon akeh,bugis makassar lumayan, arab akeh,cino akeh, sumatera,kalimantan bahkan papua pun banyak disini. banyak suporter suroboyo jaman dulu sampai sekarang pun sejatinya keturunan sumatera,kalimantan,ambon, makassar,arab dll. selain tentunya mayoritas kami yang arek jowo-suroboyo dan arek MADAS (madura surabaya) serta mayoritas arek-arek se-jawa timur yg tinggal di surabaya maupun tinggal di daerahnya masing-masing.kami semua lahir dan besar di tanah surabaya tanah tumpah darah kami tercinta. kami bukan orang bar-bar. waktu ‘tragedi lamongan 2003′ (aku wes pensiun dadi bonek saat itu), puluhan arek kampungku sing ngluruk ng lamongan dgn motor sempat belom kembali ke surabaya sampai jam 12 malam. akhire wong kampungku ngamuk-ngamuk dan mengancam akan ngobrak-abrik wong-wong lamongan sing nge-kost ng kampungku sampek onok opo-opo terjadi ng arek bonek kampungku. tapi dgn arif dan bijaksana para sesepuh dan senior2 kampungku meredam la opo iku wong kost-kostan gak ngerti opo-opo kok kenek imbase. kami gak perduli bah arema bah lamongan pokoke ojok nggarai dan ojok ngreseki pribumi suroboyo. nek resek yo siap tanggung sendiri akibatnya. sedang di malang iku homogen cak, roto2 ng kono yo wong malang tok. dadi bukan hal luar biasa yg seperti itu apabila stiker atau atribut surabaya sulit terlihat disana. la wong suroboyo ibukota jatim tempat ekonomi berpusat, dimana perantauan seluruh jatim dan sebagian indonesia ada disini. wong suroboyo males ngerantau nang malang, wong kehidupan dan ekonomi ada di surabaya. manggon malang paling yo kuliah atau kerjo kantor. la wong C.S-ku nang kampung ae arek jeding perbatasan malang-batu. arekke merantau ng suroboyo ket STM. mulai melok bulike sampek nge-kost dewe. mangan turu ng omahku. wes koyok dulur dewe, gojlok-gojlokkan perkoro suroboyo-arema, la masiyo arek-arek kampung ngerti dekne arema mosok arep diantemi, yo malah gumbul dadi siji karo arek-arek. wong CS-ku iki yo pengertian, nang suroboyo dekne yo dadi BONEK. masiyo dekne AREMA tapi menghargai pepatah “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”. nek wayahe digojokki tok aremania-ne metu. nek hari biasa keadaan normal dekne yo setia kawan karo arek-arek bolo suroboyo-dadi bonek.

      • masuk cak greenforce, jangan bicarakan tentang sportifitas pada kami. kami orang yg mengerti akan toleransi dan sportifitas. bal-balan yo bal-balan ojok disangkut pautno ng liyane. coba iku diterapno ng malang opo lamongan, yo isok kukut arek suroboyo ng kono. jaman awakdewe biyen arek suroboyo sing kuliah ng malang ae diantemi gara-gara plat nomer L. padahal gak ngerti opo-opo arekke. kami menyatu dalam kebanggan arek suroboyo dan kami sangat bangga sebagai arek suroboyo dan warga kota surabaya. ingat cak bagaimana Bang Ucok Harahap rocker legendaris A.K.A group tahun 1970an sangat suroboyo sekali meskipun dia berdarah Medan Batak. dia lahir dan besar di surabaya, Arek Kaliasin ini bahkan saat jaya-nya enggan berdomisili di jakarta meskipun dia bisa,tapi lebih memilih tinggal di surabaya kampung halamannya. bahkan sampai beliau wafatpun beliau dikebumikan di bumi surabaya. beliau selalu bangga mengimplementasikan dirinya sebagai Arek Suroboyo. juga Cak Frangky Sahilatua. musisi balada legendaris berdarah ambon maluku yanjg sangat suroboyo sekali. lahir dan besar di surabaya, frangky selalu bangga sebagai arek suroboyo. bahkan saat beliau menjelang wafat, beliau ada keinginan untuk mengajak anak-anaknya yg lahir besar di jakarta untuk diajak jalan2 ke surabaya mendatangi tempat2 ayahnya yg bersejarah agar tau kampung halaman sang bapak. itulah hal yg membuat kami semua sangat bangga pada kota Surabaya tercinta. kampung halaman kami. makane Arek malang dan Arek Lamongan yo aman nang kene cak. untuk aremania motor tuwek@ arema manunggal aku sektas kerungu,atek nang penjuru tanah air,.?,wong nang jawa timur ae gak isok nguasai,ngimpi ta ngelindur,kongkonen ng suroboyo kene tak gilese. nang Blok M ae dibabat arek Suroboyo. saking onok Cak Anto Baret sing selalu ngerangkul Arek Suroboyo nang daerah Blok M. nek gak onok Cak Anto Baret sing ngedem-ngedem lan ngerangkul arek suroboyo sido dibantai karo arek-arek suroboyo iku arek malang sing mlete ng Blok M. iwak peyek sego jagung, sampek tuek sampek elek kami arek suroboyo ,…

      • @arema motor tuwek …rungokno komentare cak greenforce karo arek suroboyo iku….iku jawaban paling sportif……

  31. tahun 86 awal tre tet tet yaitu suporter dari surabaya…kaos dan slayer seragam..klo bilang arema yg duluan soporteran salah besar bos….

  32. aq sg wong ngawi bingung mas..sbagai orang jatim saya sangat bangga dg keduanya…
    Tapi saya selalu brharap kedua kubu akan segera bersatu dan berdamai…saya benar2 ingin hal itu terwujud,dendam sakit hati masa lalu cukuplah sebagai pelajaran..ego dan gengsi hanya memberi makan,tak membuat kenyang…

    Salam damai dari putra lawu..

    • OYI SAM AREMANIA PUN SUDAH DEWASA TDK MAU MEMPERMALUKAN JATIM BAHKAN INDONESIA MAKA AREMA SUDAH MULAI MEMPERBAIKI CITRA DI MASYARAKAT, NAMUN SAAT INI JATIM BAHKAN INDONESIA DIPERMALUKAN OLEH TINGKAH LAKU PARA OKNUM BONEK………..BETUL GAK SODARA, SEMOGA BONEK JUGA BERSIFAT LEBIH DEWASA, NAMA BOLEH BONDO NEKAT NAMUN HANYA SEBATAS NAMA KALU G PUNYA BONDO Y G USAH KEMANA2 DARIPADAMERUGIKAN BANYAK PIHAK ITU HAL MENURUT SAYA LEBIH PANTAS DISEBUT LAKI2 SEJATI SEPERTI SUPORTER SEPAK BOLA LAINNYA DI INDONESIA……….

  33. Kita tahu saat ini aremania/arema sedang gencar-gencarnya melakukan provokasi kepada suporter lain karena selain mereka ingin mempersempit ruang bonek saat tur luar kota tetapi juga mereka ingin nyaman saat tur luar kota dari gangguan serangan oleh suporter lain. Lamongan dan sidoarjo sudah menjadi korbannya. Dan dengar-dengar isunya mereka lagi ingin “menggarap” mojokerto dan gresik sebagai kota perbudakannya.

    Saya ingin sedikit berbagi kisah tentang saat dulu kuliah di malang di salah satu perguruan swasta di malang. Dan pastinya saya mempunyai teman baik, dia berasal dari tempat yang tempat tinggalnya berbaris arema sirag sarek ataupun arema 87. Dan saya berkesempatan untuk diajak main ke rumahnya, kebetulan saat itu teman tentangga rumah teman saya lagi ngumpul. Penulis dikenalin sama teman-temannya dan terjadi obrolan antara penulis dengan seorang arema sirag yang mempunyai sejarah panjang tentang kebrutalannya di dunia aremania. Dan kebetulan juga dia sangat dekat dengan dirijen aremania. Yuli Sumpil. Berikut ini obrolan saya dengan teman baru saya yang saya terjemahkan ke dalam bahasa indonesia (kalau pake basa malang nanti dikira otak saya terbalik. hehehe)

    A = Arema Sirag Sarek

    B = Saya

    A : Temannya si Rudy (teman saya) mas?

    B : Iya mas, teman sekuliah

    A : Asli mana mas?

    B : Asli Pasuruan (Mimik muka si aremania langsung terkejut apalagi saat itu temenku Rudy muterin lagu mars persebaya dari hp ku)

    A : Arek bonek ta sam?

    B : Hu’uh mas, tapi aman kan? heheh

    A : Oyi gak papa sam, tenang ae asal di sini gak pake atribut persebaya saat ada pertandingan arema

    Setelah cukup basa basi saya sedikit menyinggung dunia suporter, dan membahas tentang “tragedi bola berdarah madiun 10 April 2005″ antara sakera vs aremania. Dari obrolannya saya menangkap ada unsur provokatif yang dia berikan kepada saya. Berikut ini lanjutan obrolan saya dengan dia

    A : Sam, sampeyan gak malu kah jadi sakera (Dulu saya sempat mendukung persekabpas pasuruan) ?

    B : Kenapa harus malu mas? Kan pasuruan tempat kelahiranku

    A : Bukan malu pada timnya, tetapi pada suporternya sakera. Coba sampeyan lihat selama ini sakera itu menjadi suporter yang mandiri atau berdiri sendiri gak tanpa pengaruh suporter lain.

    (Harus saya akui selama ini dalam pemikiran sakera adalah “musuh bonek adalah musuh sakera, sahabat bonek adalah sahabat sakera” karena jauh sebelum ada persekabpas pasuruan. arek-arek asli pasuruan dulu semuanya adalah bonek pendukung persebaya. Karena adanya tim persekabpas maka bonek pasuruanlah dan masyarakat pasuruan yang mendukung persekabpas dan melebur menjadi sakera. Makanya sampai-sampai sakera dianggap adiknya bonek).

    B : Iya seh mas, tapi bagaimana lagi sebelum adalah persekabpas juga kami dulu mendukung persebaya. Jadi ya agak susah gitu mas membuang rivalitas kami terhadap suporter lain dan sampe melekat pada sakera.

    (Sakera adiknya bonek :-D, karena saat itu rival bonek adalah LA, Arema dan The Jak. sampai-sampai sakera juga ikutan bermusuhan dengan LA dan The Jak bukan karena provokasi bonek, saya ingatkan lagi tetapi karena sebelum sakera semuanya adalah bonek pasuruan).

    A : Memangnya sakera suporternya kira-kira ada berapaan sam?

    B : Kurang lebih 12an ribu gitu mas

    A : Nah itu banyak, kenapa gak berani menjadi suporter mandiri? Kenapa terus bergantung sama bonek? Harusnya dengan jumlah suporter yang banyak itu sampeyan berani menjadi suporter mandiri, bisa cinta damai ke semua suporter lain se indonesia. Kalo bonek gak suka ya lawan aja sam, toh suporter sampeyan banyak juga. LA dulu yang massanya kurang lebih 10 ribu sekarang mereka berani menjadi suporter yang mandiri yang bisa menerima suporter se indonesia. (Sama kayak Yuli Sumpil dulu bicara sama LA dan terakhir ini dengan Deltamania. Harus saya akui kalo selama ini sakera belum bisa mandiri dan masa bodohlah toh sakera bonek sama saja)

    Dari percakapan di atas, saya bisa menangkap maksud dari ajakan si aremania tersebut karena dia tahu saya dekat dengan pengurus sakera. Dia berharap suporter-suporter di Jatim yang dulunya mendukung Persebaya dan juga mendukung tim daerahnya agar menjadi suporter mandiri tanpa pengaruh bonek karena sejarahnya. Dan setelah bisa mandiri seperti LA dan Delta yang terlepas dari bonek, aremania/arema pun menggandengnya dan sedikit demi sedikit memberikan bumbu agar bisa bersatu dengan Aremania. Seperti pada kasus oknum LA yang tewas di lamongan karena dia mensweeping bonek di lamongan. Kurang lebih 40an aremania silaturrahmi dan memberikan santunan ke keluarga korban dan LA. Dengan alasan ingin menggandeng suporter di Indonesia agar meminimalisir tawuran antar suporter, padahal ada udang di balik batu dari tujuan mereka.

    Saya menghimbau kepada suporter di Indonesia khususnya di jatim hati-hati terhadap provokasi di atas, bermaksud ingin menjadikan suporter indonesia damai tetapi sedikit demi sedikit bumbu provokasinya. Saya angakt topi dengan Pasoepati yang bisa melapaskan diri dari provokasi di atas. Boleh saja kita bersatu, tetapi jangan sampai bersatu dalam hal bermusuhan.

    Oh iya sedikit cerita dengan bonek perantauan dan arema perantauan di tanah orang. Seperti yang diceritakan oleh teman-teman kita Bonek Medan. Di medan ada Paguyuban Arek Suroboyo yang diberi nama PAS. Di sana juga ada berdiri Paguyuban orang malang ataupun aremania medan. Harus saya akui aremania medan di sana sangat pintar untuk merekrut dan memberikan bumbu-bumbunya tersebut. Orang perantauan yang berasal dari jatim atau khususnya surabaya diajak masuk dalam Aremania Medan dengan fasilitas diberikan modal untuk berusaha dan sistemnya bagi hasil dengan syarat harus aktif dalam Aremania Medan. Sebisa mungkin aremania medan menghapus ingatan perantau yang berasal dari surabaya akan adanya bonek dan persebaya. (Sumber : Cak Sinyo ketua Bonek Medan)

    Dan juga perekrutan mahasiswa yang berasal luar malang yang kuliah di Malang. Ini mengisahkan tentang teman-teman saya yang awam tentang bola, khususnya cewek. Di malang mereka dikasih baju arema gratis oleh teman dekatnya maupun teman-teman se kontrakannya. 1 kali, 2 kali, 3 kali menonton arema bertanding di kanjuruhan calon-calon arema-aremanita diberikan tiket gratis. Setelah kecanduan menonton bola langsung di stadion mereka sudah tidak digratiskan lagi. Tetapi tidak semuanya seperti itu, ada beberapa contoh teman-teman saya berasal dari luar pulau kayak Lombok, Ambon, Japura dll. Gara-gara mereka kuliah di malang mereka jadi anti arema dan malah simpati ke persebaya dan bonek nya. Tanya kenapa?

    Semoga dari tulisan saya di atas, saya berharap kepada suporter lain agar bisa menjaga diri dari bumbu-bumbu provokasi. Suporter dewasa pasti bisa memilah-milah mana yang mana yang baik dan buruk.

    Salam persaudaraan dari kami anti provokasi !!!

    • buat Sam Lasso, saya tekankan lebih dlam kalo dari orang luar jawa,, semisal NTT Dll… berdomisili d malang pernah saya tanya tentang sepak bola dan masalah klub yg di sukai sbenarnya mereka cinta klub asal mereka, dan klo pun suka Arema krna dia berdomisili d malang, klo domisili d kenob dia pasti suka kenob, bkan krna provokasi ataupun sebaliknya,,, contoh tman sya ikut korwil bontang,, kata mereka gk pernah ngajak atw merayu untuk suka arema(Korwil Bontang), bnyak orang mengatakan kalo memang arema mempunyai sebuah magnet tersendiri apalagi Aremania pernah menjadi The Best Supporter. Inget G’??? pribadi ayas,ayas ogah merayu/penjilat buat mushin kenob,,, ayas d ajarin jdi laki” sejati mirip SINGO EDAN!!!Bante lawan semua!!!

      Kalo masalah Perseteruan Malang-Ayabarus ayas kurang tw coz msih kecil,tpi ayas inget kkak ane jdi korban!!! tunggu aja Ayabarus akan d musnahin!!! jdi inget wktu ikut karate,, anak ayabarus ayas bante!!! (seneng)

    • yo jelas pasuruan tak bisa dipisahkanlah dari suroboyo,.bahkan jawa timur,..LAmongan juga dulunya adalah bonek,.ingat Liga Kansas indonesia 1996/1997,.Mitra Surabaya vs PSIS di gelora 10 nopember, spanduk besar “jauh-jauh datang dari lamongan untuk lihat Mitra menang”, atau spanduk arek2 lamongan saat semifinal dan final disenayan musim yg sama saat persebaya lawan PSM dan Bandung Raya,.”walaupun matahari terbit dari barat,kami tetep dukung persebaya” (tulisan atas), PERSEBAYA (tengah), arek bongkawak laren-lamongan (bawah)”,.rupanya kini arek lamongan telah mengingkari janjinya haha,.., arek malang juga dulunya suporter suroboyo. ingat spanduk di tribun timur senayan final perserikatan 1989/1990, maret tahun 1990 saat persebaya lawan persib,.”AREMA BOLONE AREK SUROBOYO”,.. rupanya kini arek malang pun telah menjadi pendendam yg tak bisa memaafkan hanya gara-gara ratusan arek malang dibantai kakak2nya arek suroboyo saat konser iwanfals-kantata takwa di gelora 10 nopember agustus 1990. hahaha,…

      • cak, terus terang yo, ayas asline pecinta persebaya setelah Arema,
        Ayas bangga dengan green force jaman biyen, cuman setelah istilah Bonek ini muncul ayas jadi kurang simpatik, karena kelakuan2 Bonek itu sendiri (tahu kan apa aja kelakuan bonek jaman sekarang?)
        lha itu masalahanya, sekarang semisal ayas mendukung Persebaya, maka menurut ayas maka hal itu akan membuat Bonek semakin eksis.
        kalau sampean perhatikan, mulai dari awal, artikel ayas tidak ada yang isinya mendeskriditkan Persebaya, tapi bonek lah yang kanyab ayas singgung di sini.
        dan perkara tawuran, ayas terus terang tidak senang mengomentarinya, karena ayas sendiri nggak seneng dengan hal itu, monggo ae ajalah sampean2 bernostalgia, ayas asyik aja menyimaknya.
        Salam Satoe Jiwa

    • SEMUA ORANG PUNYA OTAK UNTUK BERFIKIR KALAUPUN DIPROVOKASI PASTI AKAN DIPIKIRKAN LAGI DIBOLAK BALIK BENER APA NGGAK DAN KALAU MEREKA MENURUT PADA PROVOKASI TERSEBUT BERARTI MEEREKA TDK SEKEDAR IKUT2 AN ORANG LAMONGAN, GRESIK, MJKERTO, SOLO SEMUA PINTAR SEMUA PERNAH SEKOLAH PASTI BISA BERFIKIR MANA YG BAIK&MANA YG JELEK PILIHAN MEREKA ADALAH PILIHAN YG TERBAIK BAGI MEREKA DAN MUNGKIN MENGUNTUNGKAN BAGI MEREKA KALUPUN MEREKA TDK MERASA RUGI Y MENGAPA TIDAK UNTUK MENJADI SUPORTER ANDIRI DAN MENCIPTAKAN PERDAMAIAN D INDONESIA, KALAU SAKERE D AJAK MANDIRI G MAU Y SUDAH ITU KAN HAK KALIAN KAN SAKERA DI AJAK UNTUK MENJADI SUPORTER YG MANDIRI PASTINYA UGA MENGUNTUNGKAN BAGI SAKERA SENDIRI KALAUPUN SAKERA BERDIRI SENDIRI KAN TDK ADA PERMUSUHAN DGN bonKl ATAUPUN AREMA BAHKAN SAKERAPUN BEBAS BERINTERAKSI DGN SIAPAPUN BAHKAN SEHARUSNYA SAKERA BISA BERPIKIR KALU BONEK D CAP JELEK OLEH MASYARAKAT APAKAH SAKERA TDK MERASA MALU SEBAGAI SAHABAT BONEK JUGA????? D AJAK LEBIH MAJU KOK MALAH FITNAH PADALAN SUDAH DIKULIAHKAN KOK TETEP GUOBLOK AJA YA…..???????????

      • Aremania motor tuwek@ wes cak santai ae,.. sampean paling tau kenek antem opo kenek balang arek Sakera nang madiun yo pas ‘tragedi madiun 2005′.,ketokane kok nafsu puolll
        hahahahaha

    • Justru komentar bung lasso yang menurut saya bernada provokasi. Kalo emang ngajak damai dengan supertor lain emang salah? makanya kalo mau dianggap baik ya berbuat baiklah, kalo mau makan atau mau sesuatu kan bisa minta secara baik2 bukan malah ngejarah. Komentar masalah orang rantau kemudian menjadi pendukung klub daerah tersebut, itu wajar. Dulu saya kuliah dan kerja di bandung, otomatis jadi bobotoh. Tapi sekarang di Jakarta otomatis jadi the jak, ga ada yang salah.

  34. salam satu jiwa sam junaedi
    jempol

    utk mu kenob
    ANJINK
    iwak peyek
    iwak peyek
    iwak peyek
    sego pincuk
    sampek elek
    sampek tuwek
    sampek matek
    BONEK JANCUK

    • iki contohne suporter bayek,…

  35. iling rek,.jaman awal 1990an saat mulai ramene permusuhan karo arek malang,. mulai dikenal stigma “singo edan” julukan arema toyomenka di jawa pos. arek suroboyo sering berkelakar bahwa logo wong mangap (lambang kebesaran suporter suroboyo) adalah pawange singo edan, makane gak onok ceritane arek malang isok menang tekan arek suroboyo,..hahaha,…
    salam damai sepakbola sportif tanpa anarkis,…
    pikiran tuo duel lewat banyolan
    pikiran nom duel temenan hehehe

    • LOGOMU KAN BAJOL KUDUNE Y GAMBAR BAJOL MANGAP………………..

      • Aremania motor tuwek@ hahaha,. ngerti gak sejarahe bal-balan suroboyo,..wes pelajarono sejarahe arema sik ae cak sing ket tahun 1987,.aku takok sopo kaptene arema sing pertama pas tampil pertama kali nang kompetisi nasional galatama 1987/1988,. nek ngerti baru pantes koar2 aremania sejati. nek perlu takok nang yuli semprul dirigene arema. paling dekne yo gak ngerti,.hahaha

      • lek tak delok omongane arema motor tuwek iki ketokane jek licek areke…uuupppsss…kecil maksudku…..sampek ketularan boso walikan rek hehehe….ojok adoh2…pelatihmu arema isl saiki pemain tahun piro? hayooo jawaben

  36. hmm…
    ternyata ngono to…
    dadi paham ayas moco artikel iki sekaligus komen2 sam arema ambe bonek
    sori sam ayas ancen jek remaja, tp ayas gudu supporter bayek hehe
    aku yo duwe konco bonek, tp apik2an ae kok kadang ancen ilok2an guyon arema bonek, tp g tau ono masalah. dulin yo bareng, futsal & bal2an bareng, sing jelas ora turu bareng weheheheh

    • dijogo ae kondisi seng koyok ngono iku sam

  37. wessss,, timbang nggacor kabeh wong sak suroboyo rinio TAK IJENI,,,,,,!!!

  38. wadoh ojok ruwet ker… wong podo rakyat indonesia.ne …
    bah kenob bah arema … lek dadi siji pancet abang putih… gak biru gak ijo…oyi

  39. JANGKRIK…… AKU SENENG KARO KOMENT,E CAK GREENFORCE.
    BENER CAK…SING SAMPEAN OMONGNO 100% BENER KABEH…..
    PERKORO AREMANIA TEKO GELORA TH 97 AKU YO SAKSI TEMENAN, WKT IKU AKU JEK KIRO2 KLS 2 SD…BAL2BALAN MAIN 1O MENIT MORO2 AREMANIA MLEBU STADION DKAWAL DORENG2 KETAT,PERKORO AREMANIA DI TAWOR NOK JOBO AKU GK NGERTI POLAHE JEK CILIK HEHEHE…
    DADAKNO AREMANIA DIKAWAL DANDIM MALANG DEWE…MANGKANE KOK KETAT. DAN 10 MENIT BAL2BALAN DURUNG BUYAR AREMANIA DI MOLIHNO KARO APARAT…IKU PEMBUKAAN LIGA DUNHILL K2.
    AKU NOK SKOR, ONOK ATRAKSI TERJUN PAYUNG,SALAH SATU PENERJUN LAYARNYA GAGAL TERKEMBANG SEHINGGA CEBLOK NOK KAMPUNG KARANGGAYAM, BESOKNYA BACA KORAN, TRNYATA SELAMAT JATUH DI GENTENG OMAH PNDUDUK,
    LEK PUTARAN KEDUA AKU GK MELOK POLAHE JEK BAYI…HEHEHE
    TRUS, PERKORO NOK SENAYAN…AKU ALUMNI TH 98/99…POKOKE SING FINAL DIPINDAH NOK MANADO…SEMIFINAL PSBY VS PSMS PERSIJA VS PSIS PERSEBAYA MENANG ADU PINALTI, PSIS MNGALAHKAN PERSIJA…SUASANA SENAYAN SAAT ITU BONEK JD PENGUASA…BUKANE SOMBONG CAK…TP FAKTA..SEGALA TINGKAH POLAH AREK SBY SLALU MNDOMINASI…
    GK HNYA AREK SBY, ADA SPANDUK BONEK RONGGOLAWE TUBAN,BONEK MOJOPAHIT,ALLIGATOR SUROBOYO PANDAAN, DLL
    KEADAAN DISENAYAN WKTU IKU PSIS PALING BNYAK SUPORTERNYA,KIRA2 BLAKANG GAWANG LOR FULL DAN SBAGIAN RATUSAN PSIS DI TRIBUN ATAS SENAYAN. PSMS MEDAN LUMAYAN…PERSIJA PALING SDIKIT KRN KITA TAU MREKA BARU TERBENTUK.
    SUPORTER PERSEBAYA DI BLAKANG GWANG KEDUL TP GAK SAMPAI TRIBUN ATAS.
    YG BUAT AKU TERCENGANG DAN GEMETAR…SEGELINTIR FANS PERSEBAYA…MGKIN BELASAN ORANG…BRTELANJANG DADA MEMANJAT TRIBUN ATAS… BERUSAHA MENYERANG RATUSAN SUPORTER SEMARANG YG DITRIBUN ATAS,,,AKU HNYA TERCENGANG…SUPORTER SEMARANG YG JUMLAHNYA RATUSAN LARI TUNGGANG LANGGANG MEMASUKI LORONG2 TRIBUN…MNGHINDARI BONEK YG CM BELASAN. AKHIRNYA BONEK MELAMPIASKAN DGN MNCOPOTI SPANDUK2 RAKSASA PSIS DAN MMBAKARNYA DI TRIBUN BONEK…AKHIRNYA TRIBUN ATAS PSBY DIJAGA APARAT, SUPORTER SEMARANG AKHIRNYA MMBALAS MERAMPAS SPANDUK PSBYA DAN MMBAKARNYA…AREK2 HNYA MISUH2 KRN DIHALAU APARAT…HEHEHE
    ITU HANYALAH KISAH LALU…SEKARANG BONEK SMARANG JG BERDAMAI…
    MAKANYA AKU HERAN SM AREMANIA KOK BISA2NYA MMPROKLAMIRKAN DIRI SBG PIHAK PERTAMA KALI YG PERKENALKAN ISTILAH BONEK, KLO SOAL LAMONGAN,EMANG PERTAMA KALI YG BUAT KESALAHAN BONEK SENDIRI, DAN MEMUDAHKAN BAGI AREMA UTK PERKERUH KONDISI HINGGA SAAT INI TLAH JATUH BNYK KORBAN JIWA…SALUT UTK PASOEPATI
    BUAT CAK BOTAM MATURSUWUN CAK

    • Metal@ 1998/1999 iki kompetisi sing paling akeh korbane, terutama suporter PSIS. ada12 orang suporter PSIS yg tewas tertabrak kereta api sebelum semifinal. juga ada suporter PSIS yg tewas diluar stadion senayan saat diserang suporter semen padang yg marah karena tim semen padang ditahan PSIS 2-2 sehingga gagal lolos ke semifinal. iki paling gregetno di penyisihan PSIS ditahan persebaya 0-0 di semarang,di tambaksari dibantai 3-0, di 10 besar di senayan dibantai maneh 3-0, barang ketemu ng final di menado persebaya kalah 0-1. aku melok nglurug karo arek-arek pas tanding ng semarang di penyisihan. saat persebaya memastikan lolos ke semifinal aku budal ng senayan, sepanjang jawa tengah-jawa barat kami terlibat saling lempar batu dgn penduduk,.akeh arek-arek bonek sing ng dukur sepur ambek nutuk-nutuk dukur sepur karo watu karo bengok-bengok “bonek,.bonek” sepanjang perjalanan. makane pas ng senayan arek-arek wes gregetan karo suporter PSIS. suporter PSIS yg datang ke jakarta tidak berani turun di stasiun pasar senen, mereka turun di stasiun jatinegara. ada satu kereta yg membawa rombongan suporter PSIS sehari sebelum semifinal yg turun di pasar senen karena mungkin tak tau kalo stasiun pasar senen dijadikan basecamp bonek selama di jakarta. rombongan suporter PSIS ini pun babak belur diserang bonek. didepan senayan arek-arek pun yo wes bentrok karo PSIS, pas lawan PSMS, suporter persebaya di tribun utara mburi gawang. suporter PSMS tribun barat sayap kanan berbatasan karo suporter PSIS di tribun selatan mburi gawang,tribun barat sayap kiri kosong.iling pas perpanjangan waktu rombongan the jakmania masuk di tribun barat sayap kiri berbatasan dengan tribun suporter persebaya, langsung dilempari karo arek-arek, setelah saling lempar uniknya bisa diredam oleh kedua kubu pendukung sendiri yg akhirnya saling bersalaman di pagar pembatas. ya aku iling pas arek-arek bentrok di tribun atas dan membakari spanduk PSIS. setelah itu fans PSIS yg jumlahnya lebih banyak berusaha membalas. aku iling onok 2 orang suporter persebaya salah masuk tribun suporter PSIS sing diuber-uber di tribun atas. arek-arek langsung emosi tapi dihalau aparat. setelah persebaya menang adu pinalti atas PSMS, aku karo rombonganku pas mulih dicegat suporter PSMS sing gak terimo, nang daerah semanggi atau UKI nek aku gak salah iling, suporter PSMS men-sweeping suporter persebaya sing lewat, bus-ku disawati lan dicegat suporter medan tapi supire langsung tancap gas,hehehe,. banyak lagi cerita musim ini yg bisa ditulis, termasuk kejadian arek2 suroboyo sing ngamuk2 ng senen saat final dipindahkan, ngumpat2 sutiyoso saat perjalanan pulang soale arek2 merasa sutiyoso sengojo mindahno final gara2 persija kalah di semifinal. juga saat sepur kami yg dipasangi spanduk-spanduk persebaya dicegat warga yang memalangkan pohon di rel agar kereta kami berhenti untuk kemudian diserang di daerah jawa barat dan jawa tengah. sekian dulu saja, jariku wes kemeng ngetikke hahaha,.

      • wah berarti awak dewe podo2 nok kejadian cak…hehehe…aku budal h-1 pertandingan…numpak sepur kertajaya..budal magghrib teko pasr turi…trus sepur bonek berikutnya kereta parcel ato barang yg brngkat pukul 8 malam…sepanjang perjalanan dijawa timur keadaan terkendali…memasuki lamongan,bnyak arek lamongan jg brngkat mndukung persebaya…memasuki jawa tengah kira2 tengah mlm…arek2 sudah membentangkan spanduk pd seluruh jendela kereta…saat itu suasana hening…keadaan malam yg gelap tiba2 terjadi serangan gencar thdp kereta…pegawai KA bagian pnjual minuman gelase ceblok kabeh…trus wong ngamen gawe tape karaoke…mencelat microphone saking gopohe wonge.
        arek2 mek isok misuh2,aku dewe kudu guyu ndelok mik mencelat iku…wonge bingung goleki…kok yo onok sing jupuk dlm keadaan genting iku…hehehe.
        malaah onok sing jek isoke mlungker turu nok ndukur tralis tas barang..
        aku iling wkt iku nok semarang nglewati stasiun pindho…sing siji gak mandeg, trus sijine mandeg langsung arek2 podo mudun nngobrak abrik koco2ne stasiun,

      • sambungan…..
        wes nglewati semarang suasana agak reda ,tp akeh penduduk nok sepanjang rel daerah pekalongan podo metu gowo sajam kabeh…polahe dadi korban bonek sing budal awan bombardir omahe penduduk teko semarang sampek tegal…
        lha pas sepurku memasuki stasiun tegal…ndilalah kok ambless…dadi mogok sampek 2 jam…arek2 misuh2…onok sing frustasi ngenteni perbaikan gk mari2…akhire metu golek gandolan truk secara estafet…aku sendiri scara logis tk pikir,prtandingan nanti sore sedangkan jarak tegal-jkrta masih trlalu jauh untuk gandol estafet…ndilalah sepur parcel sing budal jam 8 teko psar turi memasuki stasiun tegal…akhirnya arek2 sbagian terangkut…tp msh bnyak sisa bonek yg menunggu ,dn akhirnya kreta sudah pada relnya,kreta brangkat…aman sampai jakarta kira2 jam 12 siang.
        bener jare sampean cak green force…di jakarta arek2 muntabe nok arek semarang…prkoro 12 snex meninggal iku sbenarnya karena terdesak setelah bertempur dgn arek2 bonek di dsepanjang rel

      • tp dikoran ditulis karena suporter semarang itu awalnya dijanjikan utuk diantar ke senayan dg truk PHH…tp trnyata dibelokkan ke polda jadi bnyak yg lompat trus tersambar kreta api..ya seperti aku ceritakan bonek terlibat pertempuran sengit dg snex…trus perkara the jak…skali lg bener sampaean,terjadi sedikit gesekan namun akhirnya kedua suporter berjabat tangan dng di pagar pmbatas…itu penyebabnya cuma sepele, the jak yg bisa dibilang suporter kmaren sore di pertandingan kedu tiba2 masuk sblm pertndingan psby – psms usai…bodohnya lagi mereka tdk sabar memasng spanduk…padahal seluruh tempat sudah gk ada lagi tempat krn fulll spanduk psby dn psis.,kbetulan the jak ada disisi bonek,mreka pun dg tololnya memasng spanduk dg mnutupi salah satu spanduk psbya…akhirnya arek2 kesuen digempur lgsg hingga the jak mundur

      • spanduk raksasa bang yos datang persija menang pun di jebol dan dibakar habis…namun setelah agak lama akhirnya berdamai…menurut saya itu pertama kali bonek the jak terlibat pertempuran..cak greenforce pasti ingat,sblum pertandingan penonton dihibur pnyanyi ibukota…secara berurutan mereka menyanyikan lagu daerah masing2 peseta semifinal…suporter medan disambut dg nyanyian SING SING SO…trus suporter semarang disambut SEMARANG KALINE BANJIR/JANGKRIK GENGGONG..surabaya disambut dg REK AYO REK…jakarta disambut dng lagu KICIR KICIR…setelaah final dipastikan mempertemukan psbaya – psis akhirnya negara dgn memperhitungkan rivalitas laga tersebut ditambah situasi moneter yg belum kondusif ,akhirnya memindahkan laga final di manado…dalam hati kami sungguh galau…final dienten enteni rek…lha kok dipindah adoh temen…bonek yg trlanjur dtg kembali pulang…nah disini momen di manado ini jawa pos yg tdk ingin mngecawakan arek2 sby berinisiatif memberi dukungan dng mmbuka pndaftaran khusus spanduk2 raksasa utk dibentangkan di stadion klabat manado…nah akhirnya momen ini yg mnyebabkan spanduk2 legendaris psbaya tdk kembali. mngkin salah satunya spanduk arek krembangan PERSEBAYA KUTANTANG PRESTASIMU…bukan krn apa…tetapi krn senangnya warga manado hingga meminta spanduk yg terpasang utk dijadikan kenang2an bagi mereka.
        tetapi jawa pos jg mmberi ganti rugi kain dan cat bagi spanduk yg tdk kembali…sekian kawan2 mngkin trlalu banyak nggacorku hehehe…pnglaman buat bonek2 muda dan buat cak kosim permisi cak numpang tulisan nok bloge sampean…matursuwun

  40. DAN PESAN BAGI AREMANIA
    BOLEHLAH KALIAN MEMBANGGAKAN TELAH HADIR DI GELORA TAMBAKSARI
    DAN MENGHINA DI DUNIA MAYA KALIAN SEBUT KAMI BANCI ATO ANJING ATO JANCOK…
    TP KETAHUILAH SBLM ANDA BERDIRI SUDAH BANYAK AREK SBY YG TANDANG KE MALANG DI ERA PERSERIKATAN MLAWAN PERSEMA… TP JAMAN ITU BLM ADA KOSTUM SPERTI SAAT INI…YGA ADA HANYALAH LIAR , LIAR DAN LIAR……

  41. yo sakjane ngono perange preman(gangster Jawa) mrembet ng balbalan mas…. pas konser konser gedhe iku, sering kali seminggu sak durunge acara onok surat kaleng kabare teko malang tulisane mesti ngene tunggu kami di tambaksari…. jarene iki tantangan teko arek2 malang…. lha arek suroboyo sik durung bersatu bener geger dhewe2 ndudukno gange sing gedhe…. mulai PUSINK, BOY HOROR, KREATOR, DEATH ANGEL, METAL CHURCH…. sik akeh maneh…. sing jelas…. masalah BONEK >< AREMANIA podoae cak…
    ndeloke podo teko jendeloe dhewe2 podo nutup2ine tapi sing jelas bah sampeyan bonek opo aremania nek kenal temen pasti iso koncoan… akeh cak bonek ng malang yo gapopo… akeh aremania ng suroboyo yo gapopo…. nek pas ndelok bal2an ancene matane dadi picek kabeh onok provokasi tithik'ae yo dadine kisruh….ga kabeh buah sak kranjang apik iso dipangan mesti onok bosoke sing nek dipangan ngracuni sing mangan……

    • hahahaha bener juga sampean sam, memang lek wes kadung perkoro bal2an iku repot urusane wes…….ojo maneh seng durung kenal, kadang ae seng wes kenal ae sek iso gegeran hare lek wes kadung nang lapangan dengan beda bendera.

      • aq ngamati se7, lek sing wez lawas iso guyon. sing seneng ilok2 an iku ABG.
        soal rantau aq jg rantau “AREMANIA DEWATA”
        krjoku rotan psti tw kn, aq yow duwe knco bonek arek sidoarjo tpi enak2 ae mlh pas ono prtndingan Perseden vs Arema aq d antar ma tmn bonek ke “stadion ngurah rai”,
        jenenge rotan ya ada arek Malang,jember,banyuwangi n sidoarjo”tmn dkatku” trus sering cerita2 n tmnku yg dri bywgi cerita lbh enak ikut paguyuban AREMANIA DEWATA soalx dia prnh ikut pguyuban bonek trus mw plg khbsan uang g da yg pnjami tp klu pny tmn2 dkt Arema Dewata ada yg mminjami uang n mw plg d tarikkn (urunan) untuk bntu agar bsa plg.
        lha skrng dia aman ktax : sblmx sering pny musuh anak nganjuk n sering d hadang tp skrng anak nganjuk blg klu kamu “arek bnywangi” beranix brsmbunyi d blkng AREMA.
        & bnyk yg mmnfa’atkn nm AREMA untuk bisnis contohx jualN /yg lainx blm tntu itu Orang Malang sendiri.
        salam 1 jiwa Aremania/nita sejagat raya.

    • aku jadi ingat jaman mbambong ng jakarta tahun 2000 sampek moco berita nang koran rakyat merdeka jakarta,. di blok M terjadi bentrokkan antar preman arek suroboyo dan preman arema (arek malang),. dari sepakbola sampai merambat ng kehidupan hahaha,..ngawur wong-wong jaman saiki,..

  42. tawor ae dibanggak2no sepak bolane gak maju2 muak moco aq jane arema akehOKNUME perusuh bonek yo podo ae akhire yo ngono iku gak onok enteke makane males ndelok ISL SING MAEN RUSUH SING NDELOK RUSUH deloken holligans ikoe tawor iyo tapi gak ngrusak fasilitas umum buat org banyak antar benua dilurok bravo holliganz THE RED

    • hahaha,.setuju cak,.. saatnya berpikiran maju,.yo opo carane timnas indonesia dan klub-klub indonesia isok nduwe taring nang dunia internasional,.. gak juara ng liga indonesia tok barang melok piala champions asia karo piala AFC nyenyek hahaha,.. salam 10-0 dan 2-0 hahahaha,..

      • ojo ngono cak, ati2 disomasi lho………kate nggawe2 istilah salam 10-0 barang

      • juned@ hahahaha,.,soroh sam nek disomasi yo,. opo salam bahrain dan brunei ae,.wakakakak,…

      • lha yo iku………..seng penak lak nakam sego jagung tah

  43. Arema ket biyen sampe’ saiki tetep mbok’ne njancok.

    • masio jaremu mbokne ancok, tapi kan Aremania gak seneng njarah, ngrampok toko2 olahraga, karo dodolan gorengan cak……opo maneh sampek mateni sopir seng mbelo wong dodolan es degan seng kate dijarah tah
      This Is Arema

  44. SING PENTING BIARLAH AMSYARAKAT YG BERPENDAPAT & BERBICARA SIAPA YG BAIK & SIAPA YG BAIK, MUSUH AREMA ITU BONEK BUKAN GREENFORCE/ YG LAINNYA. KALU D PIKIR2 BONEK MEMBAWA NAMA PERSEBAYA MENJADI BURUK DIMATA MASYARAKAT KARENA SETIAP TINDAKAN ANARKISME BNEK PASTI ADA KATA2 PERSEBAYA DI BELAKANGNYA KAN, KASIHAN GREENFORCE BAHKAN PERSEBAYA YG PRESTASINYA BAIK DI DUNIA PERSEPAK BOLAAN HARUS TERCORENG OLEH NAMA BONEK YG MENGAKU PENDUKUNG PERSEBAYA, G USAH MENGUNGKIT2 KENANGAN SURAM MASA LALU BIARPUN MALANG/SURABAYA YG SALAH BIARLAH YG PENTING YG SEKARANG AJA BUAT APA NGOMONGIN YG SUDAH BELASAN BAHKAN PULUHAN TAHUN, MENDING YG SAAT INI AJA DIOMONGIN KALAU PERSEBAYA PINGIN DICAP BAIK OLEH MASYARAKAT YA SEBAIKNYA GREENFORCE/SAKERA/BOBOTOH SEKALIPUN MENGAJAK PARA BONEK AGAR MEMPERBAIKI CITRANYA DIMASYARAKAT, BAGAIMANA PERDAMAIAN AKAN TERCIPTA KALAU SALAH SATU PIHAK TETAP KEKANAK2KAN………….?????????

    • Aremania motor tuwek@ setuju cak, aku yo gak seneng karo suporter2 sing gawe rusuh dan anarkis. mereka ini oknum. aku yo prihatin karo suporter suroboyo sing niate gak nontok bal-balan tapi gawe rusuh. tapi banyak juga bonek yg bersikap baik dan menahan diri. kalo masalah bonek, jangan pukul rata, karena tidak semua bonek seperti itu. kata bonek itu spirit bagi kami, bonek kami dulu bukan spirit untuk merusak, tapi semangat berangkat kemanapun demi persebaya,niac mitra dan mitra surabaya. bondo nekad kami dulu kalo saya artikan, kami suporter suroboyo jaman biyen sampek nge-dol TV,sepeda ontel sampek nggaden BPKB demi mbelani persebaya nang senayan. dadi nekat siap diamuk anak bojo,wong tuo karo morotuo soale ngedoli barang wong omah demi suroboyo hehehe,.. salam damai dan sportif,. mari bersatu demi kemajuan sepakbola indonesia.

      • lha yo iku cak, repot e lek jare oknum koq yo berjamaah yo, iso2 jumlahe sampek 5000 wong hare

      • jaman dulu …..lolos ke senayan adalah suatu kebanggaan tiap daerah….begitu juga kami sbg arek suroboyo yg mewakili jawa timur…

    • biasa arema iku iri,mbiyen kelakuane yo ngerusak ae kok. karena kalah nge-top karo arek suroboyo dengan boneknya lalu pakai taktik agar nge-top dengan mengcounter dan pura-pura sportif dan damai agar mampu menyaingi arek suroboyo. kenyataane nang kediri ae yo ngerusak. ngono kok yo mesti mengkambing hitamkan bonek.

      • Cak, ayas sebagai Aremania juga gak munafik, biyen mmg pernah ngrusak stadion kediri, akan tetapi Aremania mengakuinya dengan besar hati, dan menjalani hukuman yang diberikan oleh PSSI dengan besar hati pula selama 2thn tanpa harus mengemis untuk dilakukan pengampunan (gak koyok Bonek seng nyembah2 njaluk diampuni setelah merusak stadione dewe nang Tambaksari)
        Iri dalam arti kebaikan itu adalah wajib hukumnya, asal jangan iri dengan kelakuan bejat Bonek seng seneng njarah iku. sampean semisal diarani perampok berbaju suporter opo yo seneng? lek Aremania gak seneng cak, emboh lek bonek……..

      • pancene arema iku kementus,,,

  45. juned@ gak onok ceritone bonek ngemis nang PSSI njaluk keringanan hukuman cak, wong PSSI iku mungsuhne bonek. sampek saiki pun PSSI-ne nurdin halid iku jek mungsuhne bonek. gak keliru arema ta sing ngemis nang PSSI? wong arema iku anak emase nurdin. wong pas juara liga indobnesia 2010 wingi ae lak dikasih karo nurdin c.s alias wes disetting PSSI. atek pas sisan maen terakhir ng GBK cek isok dishooting ANTV. arema iku yo sing njarahan karo sing maling yo akeh cak. saking ae gak tau diangkat atau dibesar-besarkan media kalau mereka kriminal. koncoku arek darjo ae tau dadi saksine saat rombongan aremania menodong dan merampok penumpang kereta satu gerbong sepulang dari solo.

    • hahahaha seng biyen njaluk remisi hukuman teko pssi sopo?
      Arema juara liga ae wes iri gak karuan, jare hasil dikek’i lah, seng jare nyogok lah………..hahahaha iri iku tanda tak mampu……….
      saiki gak usah ngiri masalah arema juara cak, perbaiki diri disek, hilangkan budaya njarah, numpak sepur gak mbayar, mlebu stadion gak mbayar, ngrampok toko olahraga iku seng plenting, bikin citra bonek iku apik maneh, dibina bonek2 seng rusuh iku, lek gak iso dibina yo dibinasakan ae.
      gogogo green force!not bonek

      • hahaha,.ayo ndang ditokno sungune,.sitok ngetokno untu bajul,.sing situkke untu singo hahahaha,… nek aku anti Aremania cak juned,.. tapi nek karo Aremanita sing demplon lan denox aku gak anti,.malah tak dukung hahahaha,.. timbangane digraji The Jak cak juned lak palangan digending dulur dewe Arek Suroboyo hahaha,..

      • @arek suroboyo…
        isok ae sampean iku cak….^_^

    • http://www.antaranews.com/print/1162528204/persebaya-dekati-nurdin-halid-untuk-melobi-sanksi
      Persebaya Dekati Nurdin Halid Untuk Melobi Sanksi
      Surabaya (ANTARA News) – Kedatangan Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, menghadiri sejumlah kegiatan di Surabaya, Sabtu (4/11), akan dimanfaatkan pengurus Persebaya untuk melakukan lobi, terkait sanksi yang dijatuhkan Komisi Banding beberapa waktu lalu.

      Informasi yang diperoleh wartawan di Surabaya, Jumat, menyebutkan bahwa dalam kunjungannya di Surabaya, Nurdin Halid yang datang langsung dari Makassar, Sulsel, akan bertemu dengan tokoh sepakbola dan sesepuh Persebaya, Mohammad Barmen.

      Setelah itu, Nurdin direncanakan menghadiri acara halal-bihalal yang diadakan pengurus Persebaya di markasnya Karanggayam, Surabaya.

      Terakhir, Nurdin Halid akan menghadiri acara dialog interaktif dan “launching website” suporter Bonekmania yang digagas Yayasan Suporter Surabaya (YSS).

      “Kehadiran Pak Nurdin akan kami manfaatkan sebaik mungkin untuk berdiskusi dan sekaligus melobi soal sanksi yang diterima Persebaya sebelumnya,” kata Sekretaris Umum Persebaya, Akhmad Munir.

      Seperti diketahui, Komisi Disiplin memutuskan sanksi larangan bermain di Surabaya selama satu tahun kepada Persebaya, terkait kerusuhan suporter pada 4 September lalu di Stadion Gelora 10 Nopember Surabaya.

      Sanksi itu, lebih ringan dibandingkan dengan keputusan Komisi Disiplin yang melarang Persebaya tampil dalam kompetisi resmi yang dilaksanakan PSSI dan Badan Liga Sepakbola Indonesia (BLI) di seluruh wilayah Jatim selama satu tahun.

      “Hingga kini, pengurus masih terus mengupayakan agar Persebaya tetap bisa menggelar pertandingan di Surabaya. Nah, kesempatan bertemu Pak Nurdin itu yang akan kami manfaatkan sebaik mungkin untuk melakukan lobi-lobi,” papar Munir.

      Selain dengan Nurdin, upaya lobi rencananya juga dilakukan pengurus Persebaya saat Rapat Paripurna Nasional (Raparnas) PSSI di Kota Batu, Jatim, 22-24 Nopember mendatang.

      Sejak jatuhnya sanksi dari Komdis PSSI, pengurus Persebaya terus melakukan pembenahan, mulai dari internal klub hingga suporter. Langkah ini ditempuh untuk menyakinkan PSSI bahwa “Bajul Ijo” ingin berbuat lebih baik bagi kemajuan sepakbola nasional.

      Ketua Harian Persebaya, Syauqie Achmad menyatakan pihaknya juga akan menyakinkan PSSI serta menjamin keamanan dan kelancaran pertandingan yang akan digelar Persebaya di Surabaya pada kompetisi mendatang, tanpa ada kerusuhan seperti sebelumnya.

      “Kami berharap PSSI tetap mengijinkan Persebaya menggelar pertandingan di Surabaya. Pengamanan yang akan kami lakukan di kompetisi mendatang, jauh lebih baik dibanding sebelumnya,” tutur Syauqie yang juga Wakil Kepala Polwiltabes Surabaya itu. (*)
      monggo disimak cak yooooo

      • sing njaluk keringanan berarti yo penguruse duduk bonek. mosok sampean gak isok mbedakno cak,.cak,. arema jaman di-sanksi PSSI yo ngemis remisi nang PSSI era 2000an awal cak,.cak,.haha,.

      • era 2000an? jaman iku Aremania penyandang best supporter Indonesia cak. wadooooooooh……repot wong gak ngerti sejarah. Arek cilik gak usah komen lek gak eroh sejarah

      • juned : haha,. best suporter versi PSSI, ambil itu trofi best suporter, kami gak butuh, kami mendukung surabaya dengan pengorbanan yang tulus tanpa tendensi. gak butuh gelar terbaik kek opo kek, karena kami suporter bukan cheerleader. tahun 2000 aremania baru merasakan nginjak tribun senayan alias GBK, makane girange bukan maen, soale biasa ngicak tribun udik gajayana plus persema dan arema keok trus gak tau isok lolos ng senayan. trus dikei trofi cheerleader terbaik, saknone rek arek bayek-bayek aremania iki hahahahaha,.

  46. bonek iku asline jenenge suporter sepatu roda nek malang berroookk… aslinek iku BONEX guduk BONEK.. ancene fanatik.e BONEX iku ggawe klambi ijo^… awak iki tuwek^ane AREMANIA… biyen nek tambaksari iku mek AREK^ SUROBOYO (guduk bonek) tawur sakkarepe dewe… makane AREK^ MALANG iso smp ngarep dewe.. AREK^ SUROBOYO sebagai tuan rumah gak trimo moro^ AREK^ MALANG ditawur pisan.. saiki lek wong gak salah moro^ ditawur opo yo gelem.?

    matur nuwun

    • mangkane cak..wes ngerti ngonoloh….ngono ae di banggak2no arek mlg nok ngarep panggung…lek arek sby bersatu dadine yo ngono kan…

  47. mas, mbak, kabeh… saiki opo sing dipermasalahno.. wong AREK-AREK MALANG NANG SUROBOYO YO AMAN-AMAN AE, AREK-AREK SUROBOYO YO AMAN-AMAN AE… PODO PICEK KABEH AA MATAMU….

  48. gAk AREMA gak BoNeK djantjuk’an kabeh….” opo sih hasile arek-kera kabeh podo geger? gak ono hasile….tau!”
    sadar…rek”, sadar… ker.” ojo bangga nek koen kabeh pingin disegani, diajeni, diwedeni. Iku ngono pikirane kewan sing seneng diadu kanggo jogo gengsi. Elingo awakmu kabeh gak bakalan maju nek utek’e koyo watu. cik gampange diadu domba koyo jaman londo ae. “Urip rukun iku enak lo konco dhulur” Ojo gara-gara gengsi , harga diri, Tai Asu awakmu mateni sedulurmu.

  49. AREMA WEDOK E AE TK ENCUK KENE……………..GK BOTOH AREMA LANANG TAK BACOK E KABEH

    • wes Le, digolek’i mbok iku loh. dikonkon adus disek, ojo lali sikatan karo sabun kodokmu ojo lali digowo. mosok mulai mau koq dulinan dakon ae. umbelmu iku loh jan nggilani

      • sam jun : wes sam, kera licek ojok diladeni ae, lesek ngurusi ngonoan sam, wkwk

  50. ak tak jane g ngerti msah bal2an,cma kadang2 nonton nang tv nek pas sepi g ono arek cangkruk. males ndelok nang lapangan soale kakean rusuh…
    cuma saiki ak urip nang cilegon-banten, bareng karo perantau soko endi2. koncoku seng roto2 perantau kadang nyeluk aku bonek, soale kadang nek knalan pas cangkruk aku ngenalno jenengku bonek. tp gak ono masalah, seng penting kabeh podo iso ngormati trus gak mekitik, podo2 adoh omah gawe golek pangan. dadi nek lagi kumpul yo lucu ono seng gawe kaos bonek, viking, jack, arema dll…
    cobaken kabeh lek ngroso podo2 adoh soko omah, wayahe mangan, turu, sampek mendem dadi koyok dulur.. gak kepingin tha duwe dulur nang endi2, urip soyo tentrem, rejeki pasti ngalir…

  51. mbuhlah

  52. Bonek iku bondo nyeker

  53. ngomong naraon si saria teu ngarti da aing mah.,

  54. heeh sarua aink ge teu ngrti ahhh wong jowo wong jowo

  55. eta nu ngomong bangsa jin siga.a mah..

  56. garelo euy ah,,jadi lieur k dewek.a ge..

  57. “Tawuran pada konser Sepultura (juga di Tambaksari) pada bulan Juni 1992″ –> ayas sik smp tp ladub nang tambaksari ambek nggawe soak ono tulisane arema model sepultura, ladub-ngalup aman2 ae *dadi iling2 jaman lawas hihi… sasaji

  58. mas juned .. ijin ng’share artikel ini k’temen2 yah .
    bagus bgt artikel e :D

  59. ngomong kok pating pecotot, ketok gobloke !!!!

    belajar disek, ojok ngisin ngisini wong malang, sekolah seng pinter ojok kakean mangan telo, OTAK PACUL !!
    GOBLOK !!!

  60. Sing omong2an nak kene wong tuwo2 tok, kisahe sangar2, iso dadi pencerahan, jaman semunu aq sik dadi oyoh om…

  61. I stumbled this blog a few weeks ago and I seriously can
    not get enough! Please keep writing!

    • I say many thanks in advance for your visit to my blog. And i apologize if i still can’t update as you would expect, but i’ll try to continue to monitor and seek ideas to continue and work for the development of football in the Malng nd Indonesia in general

  62. gak bosen a ker gelut terus? deloken saiki bal2an indonesia wes gak karu2an kudune dadi momentum apik gawe rekonsiliasi kok sek mbangga2no jaman lawas ae. pendapat e umak2 iku subyektif dan bias kabeh, masio sampeyan onok d lokasi kejadian (konser rock, pertandingan, dll) tp yo pendapat e wong liyo yo bedo2, gak kirone wong puluhan ewu d kono pikirane podo kabeh. ganok marine lek ngomong ngene tok. yo mesti ae bonek mbangga2no kotane+persebaya, dan aremania mbanggano malang+arema. lek artikel iki ditulis pihak bonek yo isine bakal bedo bos. mending saiki wes bersatu kabeh mbangun bal2an indonesia sing berprestasi.
    sepurane ancen ayas suporter generasi muda, ayas ngajeni sesepuh2 suporter sing wes ngrasano jaman2 gak enak mbiyen. tp ayo ker gak usah kakehan nostalgia mending ndelok ngarep iki kapan indonesia main d piala dunia? oyi gak ker?
    SASAJI

  63. Ass..
    mungkin terlalu buncrit komen ayas iki, tapi mari moco cerito iki ayas luweh seneng lek arema-nia koyo bien maneh
    saiki aremania tahun 2012 luweh parah kilangan jatidiri e arema malang koyo bien, stadion campur ganok werno e (arema iku biru) stadion onok arek cilik ibu2 barang (lek bien nang stadion anak bojo di tinggal dek omah)

    aku dewe wes bersumpah arema iku mancep dek atiku, belo arema sampe aku mati, klambi ku werno biru gawe delok arema, lek isog pas aku ganok emben nisan ku pingin dikek i tondo biru…

  64. buat artikel yg mendamaikan hati dan suasana, keep posting bro :D

  65. Heya superb blog! Does running a blog similar to this take a great deal of work?

    I’ve absolutely no knowledge of coding but I was hoping to start my own blog in the near future. Anyhow, should you have any ideas or tips for new blog owners please share. I know this is off topic nevertheless I just had to ask. Appreciate it!

    • Thank you for visiting
      to make a blog like this, you only need to monitor them via email. so whenever there is activity on the blog, then you will soon find out
      I do not think it takes a lot of time. and most importantly, is it your goal to create a blog, just for fun or for the important indeed. that’s it

  66. [...] habis rasa penasaran ayas atas posting ayas yang berjudul sumber permusuhan Aremania vs Bonek yang mengulas tentang segala sesuatu yang menyebabkan perseteruan antara dua kelompok supporter [...]

  67. gak bonek gak aremania, podo ae seneng tawuran.. gawe opo seh?? ga ono gunane, malah loro kabeh.. malah ilang nyowo.. damai lak enak seh?? pole nggarai males ndelok bal-balan, wes aku ndelok voli galanita ae wes :)

  68. 1996, ketika revolusi baru dunia supporter sepak bola di Indonesia diawali
    dari AREMANIA dengan mengadakan tour ke kandang bajul ijo dipimpin oleh
    Letkol Sutrisno (Dandim Malang) yang juga mantan pejabat dilingkungan Kodam
    Brawijaya. Inti dari AREMANIA adalah menghapus citra bonek, dengan bertindak
    santun, sportif, kreatif dan damai namun “tour maut” ke surabaya, di sana
    tidak mendapat respon positif dari bonek bahkan dilawan, diejek, dihina,
    diprovokasi, tapi AREMANIA mendapat acungan jempol dari Agung Gumelar,
    Gubernur Jatim dan petinggi PSSI yang had irsaat pembukaan pertama partai
    persebaya vs Arema di 10 November surabaya dengan hasil 0-0. Disini sejarah
    mencatat, bahwa kandang bonek yang terkenal biadab, pertama kali disinggahi
    oleh supporter era baru AREMANIA. Meskipun secara kuantitas AREMANIA kalah,
    namun secara kualitas, secara politik AREMANIA telah memenangkan perang
    melawan kejaliman, 10 Nov surabaya menjadi saksi.

    Karena AREMANIA ingin merubah citra Jawa Timur dari tindakan tidak terpuji
    bonek, hanya dengan merevolusi citra supporter maka kebenaran dapat
    ditegakkan bonek akan dapat dimusnahkan dari bumi Indonesia. Prinsip Arek
    Malang, untuk menghancurkan kejaliman tanpa kekerasan ialah dilawan dengan
    tindakan sportif, maka AREMANIA mendatangi jantung bonek di surabaya sebagai
    pusatnya.
    Pada pertandingan berikutnya di Malang ada spanduk “AREMANIA BUKAN BONEK”
    dihead line surat kabar SURYA, BHIRAWA, JAWA POS. Disini tingkat permusuhan
    terjadi pada titik tertinggi karena bonek tidak bisa selamanya berkuasa,
    sebab ada lawan yang tidak dapat ditundukan. Meskipun demikian AREMANIA
    tetap dicap sebagai biang keladi tawuran oleh Jawa Pos karena tindakanya
    mempertahankan diri dari ulah bonek. Saat itu hanya AREMANIA satu-satunya
    yang berani melawan kebiadaban bonek, meskipun secara politik di Jawa Timur
    tidak didukung oleh pers terutama Jawa Pos, namun karena tindakan AREMANIA
    yang terus-menerus melawan citra negatif bonek akhirnya perlawanan ini
    mendapat dukungan dari media masa nasional (Kompas, Tempo, Media Indonesia).

    • cah-cah malang ndeso katrok iki saiki tambah siippp ae, tambah pinter putar balik fakta dan akon”, akon” pionir nama bonek barang, hahaha,. rupanya sudah pintar jadi pengarang kau ya,.. hahaha

    • 1980an : -cah-cah malang selalu hadir di tambaksari atau senayan dgn atribut hijau-hijau teriak” persebaya,.persebaya atau niac,.niac,.
      -arek-arek suroboyo tret-tet-tet ke stadion brantas batu atau gajayana mendukung niac mitra vs arema di malang yg lucunya banyak penonton lokal malah mendukung niac mitra.
      1990 : -bulan maret spanduk besar bertuliskan ‘Arema Bolone Arek Suroboyo’ berkibar di senayan, cah-cah malang dgn atribut hijau” teriak green force-green force,.. tumbangkan maung bandung dalam final perserikatan 1990.
      1990 : -bulan agustus rombongan besar cah-cah anak muda malang dihantam didalam dan luar stadion oleh arek-arek pemuda surabaya dalam keributan antar penonton konser IwanFals dan kantata takwa di tambaksari.
      -persema promosi ke divisi utama perserikatan
      1992 : -bulan februari, soesamto, walikota malang menantang-nantang arek suroboyo guna cari perhatian ke suporter malang yg mulai berafiliasi ke arema. terjadi pengeroyokkan gajayana 92, pemain persebaya digebukki pemain persema sebelum pertandingan.
      – seminggu kemudian persebaya tanding lawan persegres di tambaksari, arek” suroboyo membentangkan spanduk ‘soesamto otak binatang’ yg membuat birokrat pemprov jatim kebakaran jenggot dan meminta aparat menurunkannya dari pagar tribun. aparat pemprov pun berinisiatif mendamaikan kedua kubu.
      – arek-arek suroboyo membalas dengan menyerang habis-habisan pemain persema di gresik dalam laga persegres vs persema. pendukung persema yg terpukul mundur di gresik pulang ke malang sambil merusak mobil ber-plat L.
      1993 : terjadi tawuran massal antar pemain arema dan mitra surabaya di gajayana imbas adu pukul antara Lulut Kistono (mitra) dgn singgih pitono (arema). penonton malang melempari pemain mitra.
      1994 : walikota surabaya Poernomo kasidi merangkul cah malang dan meminta arek” suroboyo memaafkan adik”nya cah malang. cak porkas yg dihormati arek” suroboyo mengundang pendukung malang hadir dalam pertandingan di tambaksari antara persebaya vs persemadalam divisi utama perserikatan 1993/1994. persebaya mengalah dari persema 2-3 demi menyelamatkan persema dari degradasi dan menyingkirkan kembali PSIS seperti tahun 1988. puluhan pendukung malang memasang spanduk “terima kasih pak poer dari kami arema”. pendukung surabaya menerima dengan baik kehadiran puluhan pendukung persema.
      1995 : bagai air susu dibalas air accu, pemain persebaya diteror habis dan nurkiman rising star persebaya diketapel matanya oleh pendukung malang hingga cacat dalam laga liga dunhill I 1994/1995 di gajayana. setelah kejadian ini birokrat surabaya dan jatim murka, mereka lepas tangan dan menghentikan segala upaya merangkul pendukung malang. dan yang paling murka tentu saja arek” suroboyo. lalu siapakah yang suporter kriminil,..?

      • kapan iku cak? dulu yah?

  69. pemain berbenturan saat toast koin,.?, berarti penulis artikel diatas nggedabrus alias tidak menyaksikan sendiri pertandingan tersebut. jelas-jelas pemain kedua tim sedang pemanasan, tiba-tiba seperti telah dikomando pemain persema yang pemanasan di lapangan sebelah utara merengsek ke bangku cadangan dan lapangan sebelah selatan tempat pemain persebaya sedang pemanasan. ibnu grahan,winedy purwito,yusuf ekodono dkk yang tidak siap dikeroyok dan dipukuli tanpa sebab oleh pemain2 persema. bahkan totok anjik yang arek malang itu ikut digebuki Johannes Goehera dkk. hanya Slamet Bachtiar si gajah yang sedikit selamat karena badannya besar tinggi sehingga balas menjotos pemain persema. teror ala soesamto untuk mengalahkan persebaya dgn segala cara. cara busuk untuk memenangkan pertandingan. dan sekarang arek malang pun seperti biasa tak pernah menjadi ksatria untuk berlaku sportif dan mengakui kebusukan dan kemunafikan yang mereka lakukan seperti peristiwa pengeroyokkan gajayana 1992 ini. kami anak surabaya banyak yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut. sampai-sampai beberapa penonton anak surabaya dikejar-kejar di akhir pertandingan karena dicurigai, konangan karena bahasa suroboyoan kami yang khas. berarti penulis artikel ini suporter masih bau kencur alias aremania kemarin sore. kalau anda tak percaya silahkan tanyakan totok anjik langsung yang saat itu bek andalan green force dan menjadi korban sansak hidup bolo-bolone dewe teko malang,

  70. SALAM SATU NYALI….THOK POKOKE

  71. Menurut analisa saya, blog ini :
    1. Mencari Sensasi
    2. Menguak Sejarah
    3. Membanggakan salah satu daerah
    4. Ingin Laku
    5. Yang nulis pengangguran
    6. Yang komen juga (termasuk saya)
    7. Karena Lapar
    8. Tiak punya uang
    9. Cari pacar
    10. Cari gebetan

    • helloooo……mas brow, anda bisa melihat profil ane di halaman depan, ane bukan pengangguran mas, ane kerja, uang?hehehe gak sombong, blog ane free, utk internetan ane pake provider yang juga ane bayar pribadi. sembrangkangan menuduh ente……….

  72. hahah , bonek itu sok berani di kandang aja gak berani di luar kandang cobak aremanita bro jago luar kandang

  73. aremanita aremania jago luar kandang dan ada di mana” hahaha

  74. […] Sumber:Facebook Salam Satu Jiwa AREMANIA dan THE JAKMANIA WordPress junedoyisam.wordpress.com […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 244 pengikut lainnya.