Kertas print ATM

Anjungan Tunai Mandiri atau orang kenal dengan singkatan ATM, setiap manusia di jaman modern ini pasti punya. Karena dengan fasilitas yang disediakan oleh bank-bank yang ada, akan mempermudah pemakainya untuk melakukan transaksi, apapun bentuk transaksinya itu. Bisa dibayangkan kalo dulu setiap kita mau melakukan transaksi bank kita harus mendatangi kantor-kantor bank yang ada.  Betapa ribetnya. Belum lagi antrian, wis pokoke males mikirnya.

Sekarang kita tidak usah mikir fasilitas ATM yang ada. Sekarang kita bahas tentang efek samping dari penggunaan mesin ATM itu. Kita setiap selesai melakukan transaksi di mesin ATM pasti akan ada petunjuk di mesin tersebut untuk mengeprint hasil transaksinya atau tidak. Kebanyakan orang akan memencet tombol OK, baik kertas print yang ada itu dipakai atau tidak. Kalo yang kertas print tersebut memang perlu, bolehlah kita minta hasil print outnya, tapi banyak pula orang yang mengeprint tapi kertasnya cuma dibuang begitu saja. Nah disini masalahnya! Kertas itu berasal dari kayu, kayu itu dari hutan (anak kecilpun  tahu mas….mas….), hutan sekarang sudah mulai gundul semua. Kenapa? Yaaa salah satunya karena kita tidak mempunyai pikiran untuk menghemat dengan cara-cara yang sangat simpel sekali. Contohnya kertas print out ATM itu.

Sekarang kita diam sebentar, merenung dan membayangkan (jangan membayangkan yang tidak-tidak lho) bagaimana kalau saja pengguna ATM satu orang tiap satu kali transaksi yang memang tidak memerlukan print out, maka dia tidak mengeprintnya.Berapa pula pohon yang bisa kita selamatkan dari hal tersebut. Seperti kita ketahui, mesin ATM di Indonesia saja sudah mencapai lebih dari 7000-an buah (ini aku perkirakan aja, karena aku melihat promosi bank-bank yang banyak mencantumkan jumlah mesin ATM yang dia punya).  Pokonya bayangkan aja sendiri.

Kita sekarang cobalah berpikir, tentang pemanasan global. Apa sih penyebabnya? Jawabannya, yaaa karena kita juga. Makanya mulai sekarang kita memulai untuk berperan serta dalam usaha penyelamatan  bumi yang banyak orang gaungkan. Tidak usah yang muluk-muluk, seperti contoh di atas saja, itu kan sepele kelihatannya, tapi manfaatnya besar sekali. Sebenarnya masih banyak hal-hal sepele yang bisa kita lakukan untuk misi penyelamatan bumi dengan cara menyelamatkan hutan kita, tapi kita bahas lain kali aja. Untuk posting kali ini, cukup sekian terima kasih, wassalamu’alaikum wr. wb. Salam satoe jiwa.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Aremania Balikpapan

  • Twitter Terbaru

    • mungkin aku sudah lelah,boyokku sudah terasa peyok.Wayahnya ngasoh sek.futsalan ae wes... 1 day ago
    • Assalamualaikum...sugeng morning. Dipagi yg full barokah ini,more mbois if kita ngopi dulu,biar awet ireng.Lets start the day with ngipok 1 day ago
    • @baguseko60 sakjane anu...yoopo yo? ngene loh.....ngerti kan? 1 day ago
    • @achmdsyahroni93 oalah,baru buka kenek an ron. dijawab opo gak iki? enko jare sombong lek gak dijawab 1 day ago
    • setelah sekian lama tidak buka twitter,kali ini ane mau bikin kicauan. ngene loh kicauane... 2 days ago
  • Follow junedoyisam on Twitter
  • Pendelok

    • 343,417 wong
  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

  • My Family