Aremania Tetap Menjaga Kemandiran

Pernah didebatkan apakah Aremania lebih baik dilembagakan supaya lebih rukun? Argumen bahwa Aremania akan lebih tertib lagi kalau diorganisasikan benar-benar mempunyai jasa. Di samping itu sudah ada tokoh yang secara informal memenuhi peran koordinator antara korwil-korwil. Mungkin mendirikan ketua Aremania tidak begitu berbeda dari tokoh informal yang sedang memperbolehkan keteraturan dengan lancar antara korwil-korwil.

Namun ada bahaya serius dalam menjadi yayasan. Begitu parah bahwa itu bisa menghancur Aremamia. Aremania kalau telah dilembagakan dapat dengan mudah disalahgunakan oleh pihak tertentu termasuk kepentingan politik. Kalau disalahgunakan dengan berhasil persatuan Aremania bisa hancur. Di artikel ‘Aremania Sebuah Gerakan Rakyat’ di Kompas 1 April 2002 diceritakan bahwa pihak kepentingan politik pernah mencoba menyalahgunakan Aremania. Pemerintah kota Malang pernah mencoba memakai Aremania untuk menghadang gerakan kelompok-kelompok reformasi. Di samping itu pada waktu pemilihan Wali kota ada upaya untuk membuat Aremania pendukung calon tertentu. Juga dirigen Aremania Yuli Sugianto pernah diundang sebuah parpol menjadi anggotanya. Mungkin parpol tersebut berpendapat bahwa bisa menarik banyak anggota baru dengan pemasukan Yuli. Soalnya kehormatan terhadap Yuli berdasarkan pada ide bahwa Aremania itu netral. Kalau dia masuk parpol itu mungkin yang mulai ada kehilangan perasaan kehormatan terhadapnya. Yuli menolak parpol itu dan sebetulnya semua partai politik. Dia merasa sangat kecewa pada penimpin politik Indonesia.

Karena tidak ada ketua di atas Aremania kepentingan politik terhadap kesulitan menyalahgunakan Aremania. Aremania pada umumnya menghindari soal politik karena kalau terlibat persatuan Aremania akan hilang antara konflik mengenai ideologis dan kepentingan politik. Sampai sekarang Aremania pada umumnya menolak usul bahwa lebih baik dilembagakan karena soal itu. Suporter sampai sekarang menjaga kemandirian Aremania.

sumber; http://www.acicis.murdoch.edu.au/hi/field_topics/john.doc
SALAM SATU DJIWA AREMAaa…Indonesia ^_^

Salam satu DJIwa SUpoRter Indonesia…^_^

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s