Alasan Menjadi Aremania (Meski bukan berasal dari Bhumi Arema)

Seperti khalayak ramai ketahui, bahwa komunitas supporter bola di Indonesia yang namanya Aremania adalah salah satu yang terbesar. Aremania terbentuk dari berbagai kalangan status sosial, ekonomi, suku  dan agama. Baik seng seneng ngojob, seng gak duwe ojob, seng tukang kaceb,seng kadit ojir, seng ngokob e komes,kana kana halokes, seng numpak libom (by APA RAPPER Arema), ojobq seng sinam pun juga Aremania.

Ada satu hal yang cukup menarik dari ayas untuk membahas tentang begitu banyaknya Aremania yang nota bene mereka tidak dan bukan berasal dari kota Malang, dan bahkan buanyak dari mereka yang tidak pernah dan belum pernah menginjakkan kaki di Bhuni Arema Malang sama sekali, akan tetapi mereka ini sangat loyal dan cinta pada klub bola Arema.  Beberapa nawak ayas yang asli produk Balikpapan juga ada, sehingga ayas minta untuk menuliskan testimoninya, kenapa sih mau menjadi Aremania.

Berikut testimoni dari Sam Juni (Aremania Balikpapan) yang berasal dari Balikpapan asli:

1.Panggilan dari hati…pengen banget tergabung dalam komunitas yang selama ini dikenal dengan nama AREMANIA…..
2.Sebelum itu saya cuma bisa melihat  dari layar kaca hingar bingar para AREMANIA yg kompak dan penuh Kreatifitas….
3. Salud melihat AREMANIA yang berada dimana-mana..bukan hanya slogan saja…(slogan Arema tidak kemana-mana, tapi ada dimana-mana).
4. supporter paling beda d Indonesia,
Karena itu saya pengen banget jadi Aremania dan kebetulan wadah untuk nyampe kesana itu ada didepan mata…pada saat kenaL sam Ali kesempatan saya untuk bertanya-tanya seputar Aremania dengan sambil bercanda saya bilang ke sam Ali, “Apa boLeh selain orang malang menjadi Aremania…???”
Dan pada saat tu juga Sam Ali memberi saya Baju Aremania…dan dengan penuh bangga saya mengenakan Marchendise itu kemana-mana….
Dan kali prtama saya merasakan menjadi AREMANIA pada waktu PERSIBA vs AREMA di Balikpapan.
Pada waktu itu AREMANIA yang datang langsung dari malang adalah Sam Oges,Sam Ilung,dan Rawedeng…
Di situ saya merasakan sesungguhnya menjadi seorang supporter….

Dan sampai sekarang Allhamdulillah temen-temen Aremania(Balikpapan khususnya) bisa menerima saya menjadi AREMANIA,,,,
spesial thx bwt Allah swt…
Sam Ali,
dan NawaK” AREMANIA BALIKPAPAN

Sepurane sam segitu aja ceritanya…wkkwwkwkwkkwkw….kertasnya mau habiz…….

Ada juga testimoni dari sumber yang ayas comot dari internet juga sih, ayas lupa siapa namanya nawak tersebut. Dia berasal dari kota Nganjuk.

Aku Harus Menjadi Aremania???

Sebenarnya adalah hal aneh juga mengapa aku menjadi seorang Aremania..ketika menengok dan melihat di sekelilingku..aku hanyalah seorang aremania sendirian…ya..karena di tempat tempat aku yang sekarang amat sangat teramat jauh dari kota Ngalam..harus menempuh jarak 210km atau 2,5jam perjalanan untuk mencapai stadion kanjuruhan tempat Arema berlaga…!!!
Padahal ada team yang lebih dekat dengan tempat tinggalku…cuman 23km jarak tempuh…yaitu Persik Kediri…dari segi prestasi Persik jelas lebih moncer…2x juara Ligina…Juara Divisi II…Juara Divisi I..kemudian berlanjut menjadi Juara Ligina yang kelak memecahkan rekor !!!
Atau mengapa aku tidak memilih sebagai Bonek???….siapa sih yang kenal bonek??..tua muda..bahkan anak kecil pun tau apa bonek…hanya yang tidak mereka pahami adalah track record BONEK…ketika masyarakat di tanya…siapa itu bonek..yang terlintas di otak adalah ” Tukang membuat kerusuhan ” tetapi bukan alasan itu yang menjadi acuan mengapa aku harus menjadi AREMANIA…!!!
Yupz..aku menjadi orang yang aneh di lingkungan penggemar bola di tempat aku tinggal sejak 20 tahun yang lalu…aku selalu berbeda haluan..karena hanya ada 2 team yang menjadi pujaanku selama ini ::
1. (Alhm) NIAC MITRA
2. AREMA MALANG yang sekarang menjadi AREMA INDONESIA

mengapa aku hanya memilih menjadi AREMANIA??..nah ini dia alasanya…saya boleh menjadi orang miskin..saya boleh menjadi orang yang nggak punya…tapi yang namanya PRINSIP harus punya….inilah yang menjadi pegangan saya….!!!
Saya hanya mendukung team bola yang 100% tidak bergantung APBD…karena menurut saya APBD adalah uang rakyat yang harus di gunakan kepada yang berhak..kalo hanya berdasar asumsi bahwa bola di gemari rakyat banyak makanya APBD layak di berikkan ke bola..lha terus dangdut koplo apa penggemarnya kurang banyak??? kalo hanya berdasar alasan penggemarnya banyak..dangdut malah lebih banyak lagi yang suka..mengapa tidak setiap malam minggu nanggap dangdut dengan memakai APBD????
Dan amat keterlaluan pula bagi team bola yang mengandalkan APBD tapi tidak bisa berprestasi..mengapa??…lha pikir aja deh…uang tinggal minta [ kalo nggak mau di bilang mengemis APBD]…wes gak usah pusing mikirin cari duit..tinggal pasang wajah memelas ke DPRD…duit di kucurkan dari APBD..lha kalo trus duit tinggal minta trus mainnya kalahan trus..prestasi nggak ada…apa yang bisa di banggakan???
Jadi bagi saya wajar2 saja kalo persik dan persebaya punya prestasi luar biasa..karena selama ini mereka nggak pernah mikirin cari duit….tinggal datang ke DPRD…pasang wajah sedih..duit turun..[ apa bedanya dengan pengemis di lampu merah ya??] ..karena bagi saya nggak ada kebanggan sama sekali…adalah suatu hal yang luar biasa dan kebanggaan bila suporter bisa menghidupi klub..bukan klub yang menghidupi suporter!!!
So..walaupun selama ini prestasi AREMA terbilang biasa-biasa saja…hati saya sejak 20tahun lalu sampai sekarang tetap AREMANIA…!!
jadi sekarang menjadi aneh aja ketika AREMA menjadi juara ISL lantas di pasar barat rumah banyak orang jualan kaos AREMA…dan menjadi aneh pula ketika orang-orang di sekitar saya yang dulunya amat benci AREMA sekarang malah pake kaos AREMA hanya gara-gara AREMA menjadi juara ISL..karena itu saya menyebut mereka hanya para oprtunis…!!!!
Bahkan outlet saya sudah beberapa kali mengalami teror dan perusakan hanya gara-gara terdapat baner AREMA di outlet saya ukuran 3x4meter yang setia menemani saya bekerja selama ini ..tapi saya masih berpikiran positif saja…mungkin adek-adek yang selama ini merusak dan meneror saya belum mengerti benar apa itu artu sportivitas…rivalitas hanya boleh terjadi di lapangan dalam kontek suporter..tetapi ketika kembali ke habitat sosial..kita harus menjadi manusia nyata dan bersaudara…mungkin saja adek-adek bonek dan persikmania yang merusak outlet saya belum mengerti akan hal ini…karena mereka mencampuradukkan masalah sosial dan rivalitas di lapangan ke dalam kehidupan nyata..so..no problem…!!!
(Tapi kalo soal team amatir…pilihan saya tetap Persenga sebenarnya [ dengan beberapa catatan dan keberatan….he..he..he.] ..karena konsep awal team amatir adalah mencari bibit pemain yang kelak menjadi penopang TIMNAS INDONESIA…dengan pola pembinaan tentunya…tetapi yang terjadi di persenga di bawah kepemimpinan Kentong Sukarno Putra malah sebaliknya…demi mengejar prestasi PSSI Nganjuk melupakan pembinaan…karena 80% pemain yang berlaga di Persenga musim lalu bukan pemain asli Nganjuk…mengapa saya bisa berkata demikian..karena di tempat sayalah para pemain persenga musim lalu tidur dan makan…jadi saya tahu persis mana orang nganjuk mana yang bukan)

Jadi itulah alasan saya mengapa saya menjadi AREMANIA …karena saya mempunyai mimpi Indonesia mempunyai Liga yang benar-benar profesional dan terbebas dari penyakit mengemis APBD…!!!!

Karena sekali lagi kalo hanya berdasar alasan bahwa bola banyak penggemarnya trus lantas di jadikan pembenaran bahwa APBD boleh di berikan ke bola….opo dangdut koplo nggak punya penggemar???…malah lebih banyak…jadi apa salahnya kalo tiap malam minggu ngadain dangdut koplo di alun-alun dengan biaya APBD???

Mungkin Cuma itu beberapa pernyataan nawak-nawak aremania yang bisa ayas rangkum, akan tetapi ayas akan berusaha untuk mencari sumber laguntuk menemukan alasan-alasan lain dari orang2 yang bukan dari Malang tapi mau dan senang menjadi seorang Aremania.

Bagi nawak2 yang bersedia untuk memberikan sumbangsihnya, dan mau untuk berbagi cerita seperti yang ayas tulis di atas, bisa kirim ceritanya ke email ayas “juned.arema@yahoo.com”

Sebelumnya matur tengkyu aja.

Salam Satoe Jiwa………AREMA INDONESIA!

4 Komentar

  1. Saya lahir d kebumen, n skarang tinggal d karawang,, kami berusaha slalu mencari berita n slalu mengikuti langkah arema… slalu ada untuk arema, walaupun hanya duit terkhir q belain buat bisa masuk stadion, asalkan arema berlaga d karawang, jakarta kami slalu hadir,, terkadang kami ngumpul dg arema parahyangan bandung, arema cikarang,, kami bangga menjadi arema, walaupun kami hidup d tanah pasundan, kami slalu berdiri mengangat bendera… arema karawang

    • Arema tidak kemana-mana tapi ada di mana-mana akan selalu berkibar di mana-mana.
      Salam satoe jiwa……..AREMA INDONESIA

  2. nulis ditulis rapi dipuji sendiri itulah Aremania

    • yang penting nggak boleh ngiri,ngiri tanda tak mampu


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Aremania Balikpapan

  • Twitter Terbaru

    • mungkin aku sudah lelah,boyokku sudah terasa peyok.Wayahnya ngasoh sek.futsalan ae wes... 1 day ago
    • Assalamualaikum...sugeng morning. Dipagi yg full barokah ini,more mbois if kita ngopi dulu,biar awet ireng.Lets start the day with ngipok 1 day ago
    • @baguseko60 sakjane anu...yoopo yo? ngene loh.....ngerti kan? 1 day ago
    • @achmdsyahroni93 oalah,baru buka kenek an ron. dijawab opo gak iki? enko jare sombong lek gak dijawab 1 day ago
    • setelah sekian lama tidak buka twitter,kali ini ane mau bikin kicauan. ngene loh kicauane... 2 days ago
  • Follow junedoyisam on Twitter
  • Pendelok

    • 343,417 wong
  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

  • My Family