Aremania (Supporter) Sejati

Suporter sejati! Begitu mereka yang menyebut dirinya sebagai seorang supporter. Ada yang menyebut Aremania sejati, Viking sejati, pasoepati sejati, dan lainnya. Akan tetapi dari sekian banyak yang menyebut mereka dirinya sebagai supporter sejati itu, apakah mereka tahu dengan yang namanya supporter sejati itu? Hahahaha………ayas pernah nyoba melemparkan pertanyaan tersebut pada akun grup Aremania Balikpapandengan pertanyaan “Apa sih sebenarnya Aremania sejati itu?”. Berikut beberapa jawaban yang ayas dapat (berikut ayas tag kan link FBnya yang ngasih jawaban) :

  •  Yoaremania Tukpakrejo ya.,.yang.,.dilahirkan.,.dan,., darahnya,., mengalir,.,arema..
  • Andy Patrick Aremanice Aremania sejatinya ya pendukung setia arema. Bukan penghujat, bukan biang rasis, tidak menjual nama arema.. Fokus cuma untuk mendukung arema.
  • Adi L-dome Yoso menang kalah tetep dukung arema..
  • Alfa Cavallera Selalu mensupport Arema dalam keadaan apapun, mengorbankan jiwa dan raga.
  • Nurcholis Achmad seng dukung arema pol2an… gak perduli menang opo kalah.. gak perduli sopo pemaine.. gak perduli sopo pelatihe… gak perduli sopo manajemene.. pokoke krungu jeneng arema yo pasti didukung.. mek 5 huruf thok A…R…E…M…A…
  • Fian Kera Ngalam Bubuhansinthik AREMA sampek KETAM…,
  • Andhyka Patrick Menang kalah tetep arema iku lo seng jenenge aremania sejati

Dari beberapa jawaban yang nawak2 berikan ini ada satu poin penting yang pasti akan disampaikan oleh seorang Aremania sejati, bahwa dia akan selalu mendukung Arema apapun “kondisinya”. Biar Arema sedang kalah, biar Arema sedang tewur (ruwet) pengurusnya, biar Arema sedang bangkrut (penyakit lama), siapapun pelatihnya, dan lain-lain. Karena seorang Aremania yang hanya mendukung Arema apabila sedang dalam kondisi menangan itu kalau ayas boleh mengatakan, dia bukan supporter, tapi hanya akan dianggap sebagai penggembira. Lha kalau kita pikir, Arema itu sebenarnya lebih membutuhkan dukungan adalah apabila tim sedang dalam kondisi kalah, karena pada saat itulah mental pemain pasti sedang dalam kondisi drop dan tertekan karena pasti ingin menang. Nah disinilah fungsi Aremania sebenarnya. Aremania bernyanyi, menari untuk memberikan dukungan. Betul gak nawak?

Terus bagaimana dengan supporter yang selalu mendukung timnya kala bertanding,tapi mereka tidak punya modal /uang untuk menonton. Berangkat ke stadion dengan menggandol sepur yang kalau sedang kelaparan mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan makanan, biar menjarah, mencopet, merampok. Dan kala masuk ke stadion dengan cara mbrowot (yang lebih terkenal dengan nama mbrowoter’s). Tapi mereka total dalam mendukung timnya. Apakah mereka ini pantas disebut dengan suporter sejati? Kalau ayas sih menganggap mereka ini adalah para kriminal yang berbaju suporter, betul gak?

Terus bagaimana dengan seorang yang memang betul2 ingin selalu mendukung timnya bertanding, akan tetapi karena satu dan berbagai alasan mereka tidak bisa hadir di stadion. Misal, karena masalah kerjaan, sekolah, alasan pribadi dan lain sebagainya. Apakah mereka bukan tergolong sebagai supporter sejati?Karena dalam hal ini banyak yang menyebut dirinya sebagai Aremania elektronik, Aremania On Line atau Aremania lainnya, yang tentunya mereka pasti juga menganggap diri mereka sebagai Aremania sejati. Dalam hal ini, ayas sebagai salah satu di atas mencoba memberi beberapa alasan. Kita ambil contoh kasus, ada seseorang yang demi mendelok Arema bertanding dia mbolos kerja, dan karena itu dia mendapat ancaman SP dan bisa jadi sampai dengan PHK. Kita ambil kemungkinan terburuk, dia di PHK, terus tidak kerja lagi, terus bagaimana mau mendukung Arema lagi bila dia tidak punya penghasilan lagi? Dia tidak bisa beli jersey Arema dengan tag resmi dari Arema, dia tidak bisa lagi mendelok Arema di stadion dengan beli tiket, jadi intinya dia tidak bisa lagi menghidupi Arema. Bagaimana dengan hal ini? Kalo menurut ayas, itu adalah tindakan kurang tepat, karena seorang Aremania Sejati bukan hanya mendukung Arema secara langsung saja, karena sorang Aremania Sejati dapat mendukung Arema dengan cara yang lain, yaitu dengan cara menghidupi Arema (dengan cara membeli tiket, membeli jarsey dan asesoris Arema resmi, dengan cara aktif mengkampanyekan perdamaian antar suporter, dan lain-lain). Iya kan? Ini menurut ayas sih………

Sejatinya Aremania Sejati tidak mencari penghidupan dalam Arema, akan tetapi menghidupkan Arema.

Sejatinya Aremania Sejati akan selalu sportif, kreatif, dan atraktif.

Sejatinya Aremania Sejati tidak anarkis, tidak bersifat negatif, dan tidak destruktif.

Sejatinya Aremania bukan mengejar kuantitas, tapi kualitaslah yang terpenting.

Ayas rasa masih banyak lagi alasan kenapa kita menganggap diri kita sebagai Aremania sejati. Menurut nawak2 apalagi?

Salam Satoe Jiwa.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Aremania Balikpapan

  • Twitter Terbaru

    • mungkin aku sudah lelah,boyokku sudah terasa peyok.Wayahnya ngasoh sek.futsalan ae wes... 1 day ago
    • Assalamualaikum...sugeng morning. Dipagi yg full barokah ini,more mbois if kita ngopi dulu,biar awet ireng.Lets start the day with ngipok 1 day ago
    • @baguseko60 sakjane anu...yoopo yo? ngene loh.....ngerti kan? 1 day ago
    • @achmdsyahroni93 oalah,baru buka kenek an ron. dijawab opo gak iki? enko jare sombong lek gak dijawab 1 day ago
    • setelah sekian lama tidak buka twitter,kali ini ane mau bikin kicauan. ngene loh kicauane... 2 days ago
  • Follow junedoyisam on Twitter
  • Pendelok

    • 343,417 wong
  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

  • My Family