Fenomena Pemakaian Nama “Arema”

Arema, sebuah nama yang merupakan nama dari sebuah tim sepakbola berasal dari kota dingin, kota bunga, kota pendidikan Malang yang baru muncul mulai tanggal 11 Agustus tahun 1987.

Arema adalah sebutan dari paguyuban atau perkumpulan orang2 di perantauan yang asal mereka dari Kota Malang yang secara pastinya paguyuban ini sudah ada jauh sebelum tim sepakbola Arema lahir. Entah mulai tahun berapa ayas sendiri masih belum dapat referensi yang pasti.

Akan tetapi, nama Arema ini bukan cuman itu saja. Masih banyak penggunaan nama Arema digunakan sebagai identitas. Ada nama Warung Arema, ada Gorengan Arema, Bengkel Arema, ada salon Arema, ada konter hape Arema, ada tambal ban Arema, dan siapa yang tidak kenal dengan Bakso Arema atau nasi goreng Arema. Pemakaian nama Arema ini  yang kalo mau disebutkan satu2 disini, maka akan habis halaman ini hanya untuk menuliskannya. Hahahahaha memang  “Arema” bukan hanya milik tim sepakbola saja! Dan yang lebih fenomenal lagi, identitas Arema bukan hanya ada di kota Malang saja, dan bahkan identitas yang seperti ayas sebutkan tadi lebih banyak kita temui berada jauh dari kota Malang. Seperti halnya tempat ayas tinggal sekarang (Balikpapan), yang namanya warung Arema, Nasi goreng Arema, Bakso Arema dan Arema-Arema yang lain banyak ayas temui disini. Dan lebih lagi, ayas pernah masuk suatu warung nasi goreng Arema di Balikpapan. Sekonyong2 ayas masuk dan pesen nasi goreng dengan bahasa Ngalaman “Sam, ayas pesen oges ngerog sam, ijis ae” hahahaha yang dodolan bingung “opo mas?” walah, ternyata setelah ayas telusuri, baik yang punya ataupun yang bagian nggoreng, mereka semua orang Solo dan Jogja. Begitu besarnya nama Arema sehingga orang dari daerah lainpun menggunakan nama Arema sebagai branded warung mereka.

Ok, ayas nggak membahas tentang jumlah Arema-arema tersebut. Yang ayas pingin ulas adalah “kenapa nama Arema ini begitu seringnya dipakai, bahkan oleh orang yang bukan berasal dari kota Malang?”

Ini adalah suatu fenomena yang ayas rasa begitu luar biasa, karena kalo ayas pikir Arema inikan dilihat dari konteks Aremanya kan hanya akan menunjukkan identitas dia berasal dari kota Malang dan juga identik dengan nama sebuah tim sepakbola Arema yang di Indonesia ini begitu sangat sensitifnya dengan hal ini, tapi orang  banyak mengunakan nama Arema sebagai nama suatu badan usaha yang beroperasi di daerah luar kota Malang yang secara logika ayas, apa malah akan membunuh pangsa pasar badan usaha tersebut karena tidak menggunakan kota tempat badan usaha tersebut berdiri? Kita ambil contoh, terpaksa ayas mengambil Balikpapan sebagai contohnya. Di Balikpapan terdiri dari berbagai macam suku, adat istiadat, agama. Dan juga berbagai macam orang yang datang untuk mencari sesuap nasi dan segenggam berlian dari daerah seluruh Indonesia.  Balikpapan juga mempunyai sebuah tim Sepakbola Persiba yang telah berkecimpung dalam persepakbolaan indonesia ini cukup lama, sehingga sudah pasti basis supporter Persiba juga tergolong besar.

Dan……kembali ke laptop! Sudah tahu Balikpapan ini punya pendukung fanatik tim Persiba, lha orang koq masih ngotot dan tidak takut barang dagangannya tidak laku karena menggunakan nama sebuah tim sepakbola yang berasal dari kota Malang, Arema. Dan hal ini ayas yakin bukan hanya berlaku di Balikpapan, di kota2 lain pasti juga seperti ini. Karena teman ayas di Batampun dari info yang ada juga sama seperti ini. Padahal Malang-Balikpapan, Malang-batam, dan Malang-kota lain ini jauh jaraknya, transportnya aja ayas naik pesawat loh (hahahaha somboong…..padahal………?)

Kalo dipikir, motivasi apa sih yang membuat mereka ini melakukan hal ini?

Apa karena kebanggan karena si pemilik badan usaha tersebut orang Malang?

Apa karena memang banyak orang Malang di perantauan? Padahal banyak juga perantauan2 yang berasal dari kota lain.

Atau karena memang nama Arema ini sudah dianggap bisa dijual? Waaaaah kalo memang begitu, kenapa management tim Arema tidak bisa memanfaatkan hal ini untuk mencari sponsor tim ya? Dadi bingung dewe………

Wes emboh lah, seng penting “aku bangga menjadi orang Malang, kemana mana di juluki singo edan!”

Sungguh suatu hal yang semakin membuat ayas bangga menjadi orang asli Malang, karena ayas masih belum menemukan fenomena yang sama selain Arema. Arema ternyata sudah menjadi milik semua orang, tidak peduli orang Malang atau bukan.

Salam Satoe Jiwa

7 Komentar

  1. ujutes ilakes sam..
    Ayas bberapa waktu lalu jga ke balikpapan, dan brkunjung ke sebuah warung nasgor brnama “Arema Utama”. Setelah ayas tanya2, ternyata yg pnya bukan orang Malang, tp orang Ngawi..
    Setuju dg slogan “Tidak ke mana2, Arema di mana2”.
    Sasaji..

    • Hahahaha makane iku, ayas sek pingin oleh info teko luar Balikpapan teko nawak2 seng liyane. mergo gak valid lek ayas dewe seng ngomong, wong ayas gak tau nang endi2.

  2. lho jeneng Arema Kaltim kok gak disebut no sih jun…iku lak jeneng oisan ta sing nggawe Arema…..sentimen umak iki….mbois artikel e…sip2…lanjutkan….sasaji

    • Lho, Arema Kaltim iku jenenge warung tah bes? hahahaha sampean lek nggawe prau jeneng Arema enko aku ukut 3 ae bes yoo……..lek wes dadi ngomong ae, enko tak jukuk’e

  3. ancene arema ndek ndi2,sa’umpo ndek bulan onok tumpak an mgkin jg onok arema korwil bulan…

    • Nang bulan sopo gelem mrono? lek ayas mending nang Ngalam ae wes, nang bulan gak iso ambek’an enko. hahahahaha
      Tapi tetep Salam satoe jiwa ae……….

  4. arema jancok kabeh


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Aremania Balikpapan

  • Twitter Terbaru

    • mungkin aku sudah lelah,boyokku sudah terasa peyok.Wayahnya ngasoh sek.futsalan ae wes... 1 day ago
    • Assalamualaikum...sugeng morning. Dipagi yg full barokah ini,more mbois if kita ngopi dulu,biar awet ireng.Lets start the day with ngipok 1 day ago
    • @baguseko60 sakjane anu...yoopo yo? ngene loh.....ngerti kan? 1 day ago
    • @achmdsyahroni93 oalah,baru buka kenek an ron. dijawab opo gak iki? enko jare sombong lek gak dijawab 1 day ago
    • setelah sekian lama tidak buka twitter,kali ini ane mau bikin kicauan. ngene loh kicauane... 2 days ago
  • Follow junedoyisam on Twitter
  • Pendelok

    • 343,417 wong
  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

  • My Family