Simbol Singo Edan & Arema Miliki Akar Sejarah Panjang

Tahukah Anda, bahwa simbol “singo edan” yang kerap di usung Aremania dalam mensupport klub sepakbola  Arema  itu tidak asal comot. Namun punya nilai historis atau akar sejarah panjang dan  khas lokal kota Malang?

Simbol singa (foto) memang secara resmi pernah menjadi simbol kota Malang sejak Staatgementeraat kota Malang menetapkannya pada 7 Juni 1937. Keputusan bernomor A2 407/43 ini disahkan pula oleh Gubernur Jendral pada April 38.  Simbol singa  itu  diberi  “sesanti” berbahasa Latin: Malang Nominor Sursum Moveor (Malang Namaku Maju Tujuanku).

Seperti juga sudah dibahas dalam blog milik Aremania Balikpapan tentang sejarah semboyan kota Malang tempo doeloe yang juga menyebutkan simbol singa sebagai simbol Kota Malang tempo doeloe.

Namun, semangat menyingkirkan apa saja yang berbau kolonial, kemudian menyebabkan Dewan Kota Malang mengubah lambang ini pada tahun  1951. SK No 51 DPRD Malang ini mengubah lambang kota menjadi Burung Garuda dan Macan Loreng, namun waktu itu sesantinya tetap.

Kemudian, pada tahun 1964, lambang kota Malang berubah lagi lewat keputusan DPRGR No 7 menjadi seperti sekarang, yakti simbol Tugu dan Bintang sedanga sesanti baru “MalangkuCeswara” dari bahasa Sangsekerta bermakna “Tuhan Menghancurkan yang Batil”.

Bagaimanapun juga, jelas simbol “singa edan” memiliki nilai lokal dan historis bagi wilayah  Kota Malang  dan sekitarnya. Bahkan Jika ingin menggali lebih dalam, banyak ditemukan pemimpin-pemimpin Malang purba yang bergelar “Singha” atau “Simha”.

Lambang singa itu kalau menurut alasannya sebenarnya diambil dari lambang zodiak bulan Agustus. Sebab Arema sendiri lahir pd 11 Agustus 1987. Terlepas dari lambang kolonial itu sendiri, maknanya pun jauh sekali. Lambang singa kolonial menunjukkan kekuasaan pada koloni-koloni yang didudukinya. Sedang lambang singa Arema adalah menggambarkan pemain-pemain Arema memiliki karakter garang seperti singa sehingga disebut edan (dalam bahasa jawanya).

Sumber: Repro dari Dinas Pariwisata Kota Malang

Logo Arema saat ini.

Entah dengan alasan apapun bahwa kepala singa diambil sebagai simbol atau logo Arema Indonesia, akan tetapi yang penting adalah jiwa singa yang akan selalu mengiringi para pemain Arema kala bertanding itulah yang kita harapkan. Singa yang dalam dunia nyata adalah sebagai raja hutan, maka kita harapkan hal inilah yang akan terjadi kepada Arema. Arema akan selalu menjadi raja dalam kompetisi sepak bola Indonesia. Semangat singa untuk menjaga tahtanya sebagai raja hutan kita harapkan juga akan ada dalam tubuh setiap pemain Arema kala bertanding. Oyi ker?

Salam Satoe Jiwa

14 Komentar

  1. nek kata “edan” iku critane yak opo sam?

    • sek, tak semedi, tak poso disek, mariki tak saur disek. enko sopo ngerti oleh wangsit, baru enko tak orbitne nang posting liyane ae. mergo saiki ayas sek durung ngerti pas e. lek teko info seng ayas itreng sementara iki seh asal nyebut edan ae, tapi ayas tak golek referensi liyane. Insya Allaaaaah……..

  2. lek sak eroh ku sih logo sing ndek nduwor iku wis dipakai pada thn 1914 jun…mek tgl e ayas lali yo maklum wis kewut lak pikun a…

    • ojo gampang pikun talah sampean iki bes, enko cepet kewut lho…………..

    • ebes Arema Kaltim rodok lalian mergo ojire saiki kanyab bin sukses,,kwkkwkwkwkkw

  3. Jarene logo Arema sing saiki mengalami perubahan yo sam, itreng ga ping orip sampai akhir e dadi sing ky saiki??

    • seng ayas itreng mulai biyen iku mek iku2 ae. tp ayas gak ngerti lek wes pernah berubah. ono infa gak sam Agung?

      • ak tau tail iku pas ono tag2 an nang gaza pandaan sam. cb nokat2 sik.. oyi.

  4. ayas drg lair iki hehehehe

    • iki ngono jamane sepor kluthuk tah………..

  5. arema the jack l.a mania .. pasoepati SALAM SATU JIWA!!
    (({WY’LOVE}))

  6. pasti arema menang bsok tgl 14.05.2013 .tak doa ne menang 10.0

  7. sak itrenge ayas artine SINGO EDAN iku,,
    SINGO= sing olo
    EDAN= ndang dandan ono,,,
    idad yo seng olo ndang dandanono cek tambah maju gawe arema se MALANK raya,
    oyi a sam

    • waaaaaaaah…..iki ono wacana seng ayas baru itreng critane sam? iki hasil nerawang opo teko endi sam?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s