Djohar Arifin Husein ; Tirulah Aremania!

Aremania, begitu mempesona bagi banyak kalangan, sampai sampai seorang Ketua PSSI terpilih Djohar Arifin pun membuat statement yang begitu membanggakan bagi ayas sendiri dan semua Aremania pastinya. Apa yang beliau katakan? Hehehehe dalam media on line malang-post lah yang ayas temui hal ini. Let’s cek it tot…….

MALANG – Assessment atau penilaian oleh PSSI baru dilakukan pada minggu ketiga bulan Agustus ini, dilanjutkan dengan inspeksi oleh AFC (Asian Football Confederation) pada akhir bulan September nanti. Namun Arema Indonesia sudah dipastikan masuk kategori klub professional.
Setidaknya menurut keterangan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin saat menghadiri diskusi sepakbola di Malang, ada 9 klub professional yang menurutnya sudah layak mengikuti kompetisi profesional seperti persyaratan AFC. Satu diantara 9 klub itu adalah Arema. Sembilan klub lainnya, enam klub dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) yaitu Arema, Semen Padang, Persib Bandung, Pelita Jaya, Deltras Sidoarjo dan Sriwijaya FC. Ditambah tiga klub dari kompetisi Liga Primier Indonesia (LPI) yaitu Persema Malang, PSM Makassar dan Persibo Bojonegoro.
’’Ya, itulah sembilan klub yang sampai saat ini layak jadi klub profesional, dari ISL ada enam klub dan dari LPI ada empat klub. Klub-klub ini yang memenuhi lima syarat dari AFC untuk klub professional,’’ ungkap Djohar kemarin.

Lima aspek yang menjadi penilaian klub profesional itu meliputi aspek legal, finansial, administrasi personal, supporting dan infrastruktur. Menurut Djohar, sembilan klub yang disebutkannya itu telah memiliki lima aspek klub professional dan layak berkompetisi di level 1.
‘’Dari lima syarat tersebut terlihat sudah dipenuhi dan dimiliki oleh sembilan klub itu,’’ terang Djohar memastikan lima aspek itu wajib dipenuhi klub-klub yang ingin tampil di level kompetisi tertinggi sesuai ketentuan AFC. Sekalipun dari sembilan klub itu, tak tercantum nama Persipura Jayapura sebagai juara ISL.
‘’Ya tragis untuk tim yang berjuang di ISL, kalau memang tidak memenuhi (assessment klub professional, Red) terpaksa kembali amatir. Ini bukan kemauan PSSI, tapi kemauan dari AFC. Kita sudah terjebak dengan keputusan AFC, karena sebenarnya sejak tahun 2008 kita sudah diberi kelonggaran,’’ jelas Djohar.
‘’Selama tiga tahun kita terlena, selama itu klub harusnya diberi kesempatan berbenah dan sekarang kita mendapat deadline dari AFC hingga tanggal 14 Oktober nanti. Mau tidak mau, kita harus ikut dan sudah tidak diberi kelonggaran lagi, hanya dua pilihan, profesional atau amatir,’’ sambungnya.
Menurut mengakuannya, sudah tidak ada pilihan bagi sepakbola Indonesia untuk menjadi sebuah industri, setelah sekian lama terbuai dengan kucuran dana APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah). Salah satu syaratnya, klub professional itu harus berbentuk PT (Perseroan Terbatas).
Seperti yang telah dilakukan Arema sejak tahun 2004 lalu, tepatnya sebelum kompetisi ISL bergulir. Sehingga tidak segan-segan Djohar, meminta klub lain yang ingin professional untuk belajar ke Arema. Bahkan sebelum dirinya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, Arema menurutnya jadi percontohan klub professional.
’’Saya katakan, sebelum saya jadi Ketua Umum PSSI, belajarlah pada Arema yang tanpa APBD bisa hidup. Belajarlah pada Aremania, yang malu masuk ke stadion kalau tanpa bayar tiket. Sedangkan didaerah lain, merasa bangga kalau masuk gratis. Budaya malu kalau tidak bayar ini perlu dikembangkan,’’ terang Djohar.

Ini hanya sebbagian berita yang ada, karena ayas hanya ingin menampilkan perkataan “tirulah Aremania” yang tercantum di atas. Ada beberapa poin yang muncul dari berita di atas;

1. Arema layak untuk turut dalam liga Indonesia yang memenuhi lima syarat dari AFC untuk klub professional.

Pak Djohar mengakui bahwa sejak lama Arema adalah sebuah tim profesional yang tidak pernah menyusu pada APBD.

2. Arema menurutnya jadi percontohan klub professional.

3. Belajarlah pada Aremania, yang malu masuk ke stadion kalau tanpa bayar tiket.

4. Di daerah lain, merasa bangga kalau masuk gratis (daerah endi hayoooooo…………?).

Salam Satoe Jiwa.

1 Komentar

  1. […] Diskusi Interaktif Save Our PSMKuota 24 Klub Direstui AFCDaftar Calon Peserta LPI Level 1 & 2Djohar Arifin Husein ; Tirulah Aremania!#sitetitle .title {font-weight:normal;font-family:Arial,Helvetica,sans-serif;} #catnav,#catnav ul ul […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s