Karena Logo Adalah Kebanggaan

Guerrillero Heroico atau dalam bahasa inggris berarti “Heroic Guerrilla” adalah judul dari foto di bawah ini. Ya , benar! Jika sebagian kawan mengetahui siapa tokoh yang menjadi simbol yang sangat mendunia hingga saat ini. Che Guevara, nama tokoh yang dijadikan ikon revolusi dimana fotonya tersebar hampir di semua media. Che Guevara telah menjadi tokoh legendaris abad XX.

Namun, sebuah ironi didapatkan. Banyak yang mengklaim menjadi tokoh dibalik kesuksesan simbol ini. Sebut saja seorang italia Giangiacomo Feltrinelli atau seorang irlandia yang bernama Jim Fitzpatrick.

Tetapi banyak orang lupa, ada sebuah nama yang harusnya menjadi sorotan dari kedua nama sebelumnya. Bolehlah seorang Giangiacomo Feltrinelli di tahun 1967 memperkenalkan foto ini kepada khalayak ramai. Atau sisi artistik dari Jim Fitzpatrick yang menjadi foto ini menjadi lebih bernuansa art. Tanpa nama ini mereka tidak akan dikenal seperti sekarang, nama tersebut adalah Alberto Korda.

Alberto Korda adalah orang pertama yang mengambil foto che Guevara di sebuah upacara kenegaraan dalam rangka memperingati korban dari peristiwa pelabuhan Havana, pada 5 maret 1960.
Tapi apa yang didapatkan oleh Alberto Korda yang meninggal 5 Mei 2001 di Paris ini? royalti atas karyanya tidak didapatkan sama sekali. Miris!

Kembali ke Surabaya, tempat dimana bonek mengenal sebuah lambang revolusioner. Lambang yang masih dipakai sampai saat ini, Lambang yang selalu menemani. Lambang itu adalah Logo “Wong Mangap”.

”Logo Bonekmania dan LA Mania tersebut dibuat oleh warga Lamongan bernama Ridwan, warga keset dekat patung Kadet Soewoko. Gambarnya sebagai pemenang dalam lomba pembuatan logo bonekmania yang digelar Jawa Pos sekitar 1986, begitu pula dengan LA Mania. Dia membuat gambar logo tersebut memakai inspirasi wajah patung Kadet Soewoko tersebut,” ungkap ketua LA Mania, Ainy Hidayat.

Seperti nasib Heroic Guerilla, banyak pula nama yang dikaitkan dengan Wong Mangap ini. mulai dari Ridwan, Muchtar sampai Boediono atau bahkan mungkin masih ada nama lain yang tidak terekspos oleh berita.

Logo adalah sebuah simbol yang mengandung banyak arti dan philosofi. Logo menjadi sebuah pengakuan, kebanggaan, inspirasi kepercayaan, kehormatan, kesuksesan, loyalitas dan keunggulan yang tersirat ke dalam suatu bentuk atau gambar.

Jadi, siapakah sebenarnya pembuat pertama logo Wong Mangap ini?.

Sumber http://bajulijo.net/2011/06/karena-logo-adalah-kebanggaan/

Posting ini ayas buat menidaklanjuti posting sebelumnya tentang Ternyata Logo Kepala Bonek Asli Arek Ngalam Ker! 

Bukti bahwa memang bonek pun mengakui bahwa logo bonek berupa ndas mangap memang asli teko Lamongan.

Salam Satoe Jiwa

3 Komentar

  1. taek,ndeso,arema taek asu

  2. isok e mek aku2 tok,salam sakit jiwa……….bencong2 maling….jembot

  3. kalo pngen dapet logo yang format corel gimana gan


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s