Diplomasi Sepakbola

Agak mengejutkan ketika di baris waktu (timeline) Twitter saya muncul ocehan Wanda Hamidah dari hasil retweet (RT) seorang kawan.

Mantan model cantik yang menjadi anggota DPRD itu memuji dan bangga pada Arema Indonesia yang tidak menggunakan APBD. Twitnya juga menyinggung Persija Jakarta kenapa masih memakai APBD.

Ucapan Wanda itu kemudian memicu umpatan dan protes dari segelintir pengikutnya (follower). Bahkan dengan ucapan yang sangat tak pantas.

Protes dan umpatan dari pengikutnya itu bisa saya katakan sebagai Logical Fallacy. Wanda hanya melakukan diplomasi sesuai tugasnya. Tapi suporter bersikap berbeda dan mungkin (merespon) menjauh dari konteks.

Wanda jelas sadar bahwa APBD yang digunakan di sepakbola tarkam pemda Indonesia ini jelas salah. APBD yang seharusnya digunakan untuk infrastruktur pendidikan, kesehatan atau sarana olahraga justru dialihkan untuk membayar operasional tim (termasuk gaji pemain asing!).

Tapi keprihatinan saya terletak pada bagaimana sikap suporter yang tak mampu memahami pesan Wanda dan justru membela timnya soal penggunaan APBD.

Ini sebuah poin penegasan bahwa suporter kita (sebagian) belum kondusif untuk pembangunan profesionalisme sepakbola di tanah air. Ironisnya, suporter selalu menuntut agar PSSI bersikap fair. Tuntutan itu bagus, baik dan benar. Tapi akan menjadi lebih baik dan benar bila suporter juga membenahi sikap dan pemahamannya lebih dulu.

Bila tidak, posisi tawar diplomasi suporter — khusus untuk soal ini saja — menjadi kurang kuat. Bagaimana PSSI mau mendengar protes mereka apabila mereka sendiri juga belum nggenah. Iya kan?

Ayas copas teko kene

August 30th, 2010

Salam Satoe Jiwa

Iklan

1 Komentar

  1. maju terus Sepakbola Indonesia tanpa APBD…Bravo Arema Indonesia….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s