Arema Is Arema, Not Just A Football

Ini adalah slogan yang ayas dapat saat adanya pertemuan paguyuban Arema Balikpapan pada tanggal 26 Juni 2010 yang lalu. Asli, menurut ayas ini adalah suatu slogan yang menurut ayas dalam sekali makna yang terkandung di dalamnya.  Tentu bila kita artikan dalam bahasa Indonesia dia berarti “Arema adalah Arema, bukan hanya masalah sepak bola saja”(bener tah?………hahahaha ayas dewe gak patek ngerti bener opo gak iku).

Lho! koq bisa? Mungkin bagi nawak2 yang domisili di Bhumi Arema mungkin tidak begitu merasakan dan kurang tergelitik dengan slogan ini, karena mungkin yang nawak ketahui bahwa Arema itu adalah klub sepakbola yang ada di Kota Malang. Akan tetapi bagi nawak2 yang sedang merantau di negeri antah berantah untuk mencari penghidupan di luar malang akan merasakan hal yang berbeda bila bicara tentang slogan tersebut. Ok, kalo dipikir kenapa sih ada slogan yang seperti itu? Perlu nawak ketahui, bahwa kami yang berada di rantau ini oleh orang lain yang bukan berasal dari Malang pasti menganggap bahwa kami ini adalah Arema (Arek Malang, bukan Arema sebagai tim sepak bola). Dan sebenarnya Arema ini di perantauan sudah ada sejak tahun 70-an, atau lebih tepatnya ayas sendiri tidak tahu persis , yaitu dalam bentuk wadah komunikasi dan silaturahmi antar sesama perantau yaitu paguyuban.  Dan itu jauh sebelum terbentuk dan lahirnya sebuah klub sepakbola asli Malang Arema. Jadi sebenarnya nama Arema sendiri itu sudah membahana di seantero indonesia jauh sebelum tim sepakbola Arema ada. Oleh karena itu jika sekarang kita bicara tentang Arema, pastinya bukan hanya perkara sepakbola saja, akan tetapi lebih dari itu aspek sosial kemasyarakatan tentang warga Arema perantauan juga tidak boleh kita lupakan, bahwa sebenarnya ada suatu wadah silaturahmi dan komunikas antar warga Arema yang mungkin ada di tiap kota di Indonesia.

=>Terus kenapa? Begini loh, sebenarnya sih mungkin slogan ini lebih condong untuk ke arah paguyuban seperti yang ayas sampaikan  tadi.

=>Terus kenapa? begini loh sekali lagi. Kan seperti yang telah ayas sampaikan tadi, bahwa Arema (Arek malang) adalah terdiri dari manusia yang ada sangkut pautnya dengan kota Malang. Kalau menurut dari definisi yang ayas dapat saat adanya pertemuan paguyuban Arema balikpapan di gedung Banua Patra Balikpapan tahun 2005 yang lalu orang2 yang bisa menyebut dirinya itu adalah Arema adalah;

1. Asli kelahiran Malang

2. Berdarah keturunan Malang

3. Pernah Sekolah/kuliah/kerja atau dll di Malang

4. Menikah dengan orang Malang

5. Pernah tinggal di Malang dengan alasan apapun

6. Dia merasa cinta dengan kota Malang

7. Atau dll  (ayas lupa dengan apa yang disebutkan waktu itu, maklum sudah 7 tahun yll)

Dan dari deskripsi yang telah ada di atas kita dapat melihat bahwa orang2 yang bisa tergolong sebagai Arema. Jadi jika pe pe pe mir mir mir sa sa sa (sambil bergaya Tukul) merasa tergolong salah satu di atas, maka anda berhak menyandang sebagai Arema (Arek Malang)

=> Terus kenapa? Begini loh dua kali lagi. Kan dengan deskripsi yang ada maka banyak sekali lapisan manusia yang ada di situ, dan tidak semuanya itu adalah penyuka bola, atau memang penyuka bola akan tetapi mereka bukan penyuka tim sepakbola yang berasal dari malang, yaitu Arema. Ngerti kan? Hal ini ayas alami sendiri, di lingkup kerja ayas ayas telah membikin suatu tim Futsal yang terdiri dari para Arema. Dan tidak semua mereka berasal dari Malang. Ada skuad ayas yang asli kelahiran Samarinda, tapi bapak dan ibunya asli dari Malang, dan dia bukanlah penggemar tim sepakbola Arema (bukan Aremania). Ada pula skuad ayas yang asli lahir dan besar di kota Raja Tenggarong, dan dia menikah dengan orang Malang, dan dia adalah MitMan (Mitra Kukar mania).

=> Terus kenapa? Ngene loh Sam, intinya sesuai dengan judul di atas, bahwa jika berbicara tentang Arema, ada juga Arema yang lain (bukan Arema ISL atau Arema ISL) yang berbentuk sebuah paguyuban, yang mungkin ada di tanah rantau, dimanapun itu berada.

Contaoh saja paguyuban yang ayas ketahui, Paguyuban Arema balikpapan, Paguyuban Arema Samarinda, Paguyuban Arema batam, dll.

Dan kami (sebagai Aremania Balikpapan) di luar urusan sepakbola, masih banyak kegiatan2 yang kami lakukan. Semisal untuk kegiatan ulang tahun pertama Aremania Korwil Balikpapan yang kebetulan bertepatan dengan bulan puasa, maka kami melakukan tasyakuran ulang tahun di sebuah panti asuhan. Disamping kami selalu hadir di stadion kala Arema main di daerah kaltim, kami juga sering kali menjalin silaturahmi dengan kelompok suporter tuan rumah, seperti PFC&Balistik (sebagai suporter Persiba), MitMAn (suporter Mitra Kukar), Pusamania (suporter Persisam), dan Bontang mania (suporter Bontang FC) agar kerukunan dan silaturahmi dengan mereka tetap terjaga, dan lebih lagi prinsip Aremania cinta damai tetap kami junjung tinggi2. Dan masih banyak lagi kegiatan2 lainnya.

=>Terus kenapa? Oooooo……teras terus ae…..yo wes tah!

Ealaaaaaaaah…….dari judulnya aja koq modelnya keminggris, ternyata mengenalkan istilah paguyuban tah. Sekian, terima kasih.

Salam Satoe Jiwa

3 Komentar

  1. ow..ngono_a


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Aremania Balikpapan

  • Twitter Terbaru

    • mungkin aku sudah lelah,boyokku sudah terasa peyok.Wayahnya ngasoh sek.futsalan ae wes... 1 day ago
    • Assalamualaikum...sugeng morning. Dipagi yg full barokah ini,more mbois if kita ngopi dulu,biar awet ireng.Lets start the day with ngipok 1 day ago
    • @baguseko60 sakjane anu...yoopo yo? ngene loh.....ngerti kan? 1 day ago
    • @achmdsyahroni93 oalah,baru buka kenek an ron. dijawab opo gak iki? enko jare sombong lek gak dijawab 1 day ago
    • setelah sekian lama tidak buka twitter,kali ini ane mau bikin kicauan. ngene loh kicauane... 2 days ago
  • Follow junedoyisam on Twitter
  • Pendelok

    • 343,417 wong
  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

  • My Family