Peluang Bisnis Dalam Sepakbola

Olahraga bukan hanya sekedar olah fisik semata namun merupakan sebuah olah bisnis yang luar biasa besarnya. Banyak cabang olahraga yang dapat dijadikan sebagai mesin uang bagi para pebisnis, namun dalam ulasan ini kita coba salah satu cabang olah raga yang memiliki potensi bisnis yang dahsyat yaitu sepakbola. Kita akan lihat beberapa aspek dalam sepakbola terkait dengan bisnis yang ada didalamnya, seperti :

  1. Potensi sumber pemasukan
  2. Market share
  3. Kompetisi sepakbola di Indonesia
  4. Kompetisi sepakbola di eropa

1. Potensi sumber masukan

Bicara bisnis tentunya bicara pemasukan dan bicara pemasukan akan tertuju pada geliat dari klub sepakbola, lihat betapa bisnis sepakbola sangat banyak peluang yang dapat dijadikan sumber pemasukan bagi klub sepakbola, seperti misalnya :

A. Sponsor
Tidak bisa dipungkiri lagi peranan sponsor sangat besar manfaatnya. Uang akan deras mengalir ke klub dari lahan ini. Namun yang jadi masalah, sponsor tidak akan datang jika klub tidak meyakinkan dari segi bisnis. Inilah tantangan bagi klub-klub sepakbola untuk bekerja sekeras mungkin agar sponsor mau datang. Kita lihat contohnya dibeberapa klub elit dieropa, betapa sponsor sangat menjadi penting terhadap pemasukan sebuah klub :

  1. Skotlandia, 14,1 juta pounds atau 224 milyar rupiah adalah nilai total kontrak selama empat tahun dengan perusahaan bir Coors dengan dua tim raksasa Skotlandia yakni Glasgow Rangers dan Glasgow Celtic. Kontrak ini akan membuat logo Carling terpampang dalam kostum kedua tim tersebut.
  2. Inggris, Kontrak yang dibuat Manchester United dengan perusahaan asuransi AIG. MU mendapatkan 14,1 juta pounds atau 224 milyar rupiah per musim akibat kontraknya dengan AIG. Nilai ini merupakan sponsor kaos ini merupakan yang terbesar diantara klub Premier League lainnya.
  3. Jerman, Nilai kontrak per tahun antara Bayern Muenchen dengan perusahaan telepon T-Mobile sebesar 13,5 juta poundsterling atau 216 milyar rupiah.
  4. Spanyol, 12 juta poundsterling atau 192 milyar rupiah jumlah uang yang didapat Real Madrid dari sponsor kostum mereka Bet And Win, sebuah bandar judi online. Ini jumlah terbesar dari seluruh klub Divisi Primera
  5. Rusia, 12 juta poundsterling atau 192 milyar rupiah, nilai kontrak per tahun antara CSKA Moscow dengan perusahaan minyak Sibneft, sebelum perusahaan ini akhirnya dijual oleh milyader Rusia, Roman Abramovich.
  6. Belanda, Nilai kontrak per tahun antara Ajax Amsterdam dengan perusahaan asuransi dan pensiun Belanda, AEGON menjadi yang terbesar di negerinya. Dilaporkan Ajax mendapat bayaran antara 8 hingga 9,5 juta pounds per tahun atau 152 milyar rupiah.
  7. Italia, Sama seperti El Real, Bwin juga menjadi sponsor bagi AC Milan. Kontrak antara berlangsung selama empat tahun dan akan berakhir tahun 2010. Milan mendapatkan bayaran 6,7 juta pounds atau 107 milyar rupiah per musim .
  8. Perancis, Olympique Lyonnais menjadi klub dengan nilai sponsor kostum terbesar setelah mengikat kontrak dengan jaringan bisnis hotel Accor. Mereka mendapat 6,3 juta pounds atau 100 milyar rupiah dari hal tersebut.
  9. Brasil, 4,9 juta poundsterling atau 78 milyar rupiah, nilai kontrak per tahun antara Sao Paulo dengan perusahaan elektronik Korea, LG. Terbesar dibandingkan klub Brasil lainnya.
  10. Amerika Serikat, LA Galaxy mengikat kontrak selama empat tahun dengan perusahaan Herbalife. Setiap tahun mereka mendapatkan bayaran 1,75 juta pounds atau 28 milyar rupiah dari kesepakatan tersebut

B. Tiket

Tiket akan laku dibeli penonton jika klub punya permainan menarik dan tentu saja aman saat pertandingan berlangsung. Jika hal ini terjadi maka dengan sendirinya penonton akan datang berbondong-bondong yang ujung-ujungnya akan menghasilkan uang juga dari penjualan tiket. Berikut gambaran bagaimana sepakbola mampu menyedot begitu besar pendapatan dari sektor pertunjukan live dari tiket penonton :

  • sebagai contoh salah satu klub papan atas liga inggris yaitu Arsenal, dengan Kapasitas Emirates yang mencapai 60 ribu tempat duduk memacu pemasukan dari tiket. Pada musim 2006/2007, tahun pertama stadion itu dipakai, Arsenal memperoleh pemasukan 90,6 juta pounds. Rata-rata, tiap kali Arsenal bertanding di sana, diperoleh penghasilan dari tiket sebesar 3,1 juta pounds atau sekitar 49 Milyar rupiah.
  • Harga tiket termurah City melawan Liverpool, 5 Oktober, senilai 36 pounds (64 dolar AS) atau Rp601.600. Sedangkan tiket juara bertahan Liga Jerman, Bayern Munich lawan Werder Bremen, pekan ini, hanya 15 euro (21 dolar AS) atau Rp197.400. Artinya, harga tiket big match Liga Jerman tak ada setengahnya dibanding Liga Inggris
  • Dari 20 team yang berlaga di English Premiership, hanya Vicarage Road, stadion Watford yang mempunyai kapasitas di bawah 20.000 orang. Sisanya di atas 40.000, bahkan Old Trafford dan Emirates Stadium mampu menampung hingga di atas 60.000 orang. Satu-satunya stadion di Liga Inggris yang mempunyai kapasitas paling besar di Inggris Raya adalah Old Trafford yang memiliki 76.000 tempat duduk.
  • Di Liga Inggris, Rekor penonton terbanyak sepanjang masa stadion ini berdiri adalah pada 25 Maret 1939 dimana Wolverhampton Wanderers berhadapan dengan Grimsby Town di semi final FA Cup, dengan total jumlah penonton 76.962 orang. Sedangkan pada masa kini, rekor terbesar dicetak pada 1 Oktober 2006 kemaren dimana sebanyak 75.644 orang menyaksikan pertandingan kandang Manchester United melawan Newcastle Unitedchampions-league

C.Merchandiser atau pernak-pernik
Ini juga merupakan sumber pemasukan yang tidak kalah hebatnya. Dengan menjual pernak-pernik seperti kostum tim, handuk, gantungan kunci, pulpen dll yang ada logo timnya diharapkan akan laku manis. Tentunya berbanding lurus dengan kualitas klub. Semakin baik prestasinya dan goodwillnya tentu penjualan dari merchandiser ini juga semakin dahsyat. Beberapa fakta terkait hal ini :

  • Fenomena yang menonjol adalah kesuksesan promosi perusahaan Adidas dalam memasarkan produk bola merek Roterio pada saat kejuaraan Piala Eropa pertengahan tahun 2004 lalu. Saat itu, Adidas-Solomon dan UEFA sepakat hanya memakai bola Roterio saat kejuaraan berlangsung. Dampaknya, Roterio yang dijual eceran seharga $120 itu terjual 6 juta buah. Majalah BisnisWeek (2004) lalu menilai, laris-manisnya Roterio ini adalah bukti keberhasilan pihak Adidas yang mampu menangkap kekuatan komersial sepakbola yang luar biasa
  • Di seluruh dunia, sepakbola mampu menghasilkan sekitar $3,1 miliar per tahun dari penjualan produk-produk bermerek terkait sepakbola, seperti kaos, sepatu dan jenis merchandise lainnya
  • Klub Manchester United (MU) dari Inggris memiliki penjualan tahunan $317 juta. MU memang bisa menjadi patokan keberhasilan industrialisasi sepakbola dunia. Klub ini berhasil membangun basis penggemar global dengan memainkan berbagai pertandingan eksebisi di luar Inggris. Pasar internasional menyumbang 40% penjualan kaos MU
  • Di Prancis klub Olympique de Marseille setelah dikelola melalui manajemen bisnis pada tahun 1996 mampu meningkatkan penjualan seragam tim, yang diecer $ 80 dari sebelumnya 20.000 meningkat menjadi 250.000 kostum

D.Hak siar TV
Hak siar merupakan salah satu komponen pendapatan yang cukup menyumbangkan kontribusi keuntungan klub-klub sepakbola, banyaknya jumlah pertandingan dalam kompetisi baik lokal maupun domestik memberikan pendapatan yang sangat signifikan, khusunya bagi klub-klub besar yang memiliki basisi fans dan suporter yang besar dan mendunia. Berikut data terkait hak siar yang didapatkan oleh beberapa klub dunia :

  • MU, yang juara Liga Primer dan finalis Liga Champions, mendulang uang terbesar dari ketiga tim saingannya. ‘Setan Merah’ mendapat 90 juta poundsterling (Rp 1,5 triliun) dari hadiah uang dan siaran televisi seluruh kompetisinya, dari jumlah tersebut 33,7 juta poundsterling (Rp 563 miliar) didapatkan dari perjalanan mereka di Liga Champions. Disebutkan bahwa klub seperti MU mendapatkan total 12 juta poundsterling (Rp 200 miliar) setelah tak kurang dari 25 pertandingannya ditayangkan langsung
  • Liga Inggris dengan segala kemewahan kompetisinya telah menekan kontrak tayang televisi senilai 2,7 miliar poundsterling atau sekitar Rp 44 triliun hingga musim kompetisi 2009/2010

E.Kontrak pemain
Inilah sumber pemasukan yang sangat besar jumlahnya. Banyak strategi yang dilakukan terhadap mode pendapatan ini, seperti membeli pemain muda yang biasanya murah, kemudian mengasahnya dalam latihan dan pertandingan, kemudian menjualnya dalam jumlah yang sangat tinggi atau bisa langsung mendapatkan bintang sepakbola yang telah siap pakai untuk mengejar kemampuan klub dalam mengejar kompetisi.Terkait dengan perputaran uang dalam mode iniberikut adalah data yang ada :

  • Liga Inggris dengan 20 tim klub Premier League musim kompetisi 2006-2007, besarnya jumlah pengeluaran klub untuk membayar gaji pemain, untuk kali pertama sepanjang sejarah, jumlah pengeluaran klub-klub untuk menggaji pemain mencapai jumlah satu miliar poundsterling (Rp 18,4 triliun), jumlah ini mengalami peningkatan yang signifikan, yakni sebesar US$ 2,77 miliar (Rp 25,9 triliun) atau naik 13% dibanding musim sebelumnya.
  • Real madrid dengan visinya untuk membangun tim bertabur bintang, pada tahun 2006, visi tersebut menghabiskan 429 juta dolar AS atau Rp3,9 triliun. Real membeli 17 pemain bintang dari berbagai negara, diantaranya David Beckham (Inggris), Zinedine Zidane (Perancis),  dan Ronaldo (Brasil).
  • Presiden Real Madrid, Florentino Perez pun kemudian terus mewujudkan ambisinya untuk membangun Galacticos jilid kedua dengan mendatangkan Kaka, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Xabi Alonso hingga Raul Albiol. Total uang belanja Madrid di musim 2009/2010 adalah 252 juta euro atau sekitar Rp 3,6 triliun
  • Diberitakan TheSun, dalam Liga Inggris, rekor nilai transfer didapatkan oleh Manchester City, yang  mengeluarkan sejumlah uang dengan total berjumlah 118 juta poundsterling atau sekitar 1,9 trilyun rupiah. Dari jumlah tersebut Mark Hughes(manajer City) bisa mendapat Emmanuel Adebayor, Carlos Tevez, Santa Cruz, Gareth Barry dan Kolo Toure.
  • Menurut penelitian dari Forensic Sports Industry Team dari badan akuntan KPMG, angka belanja dari tim Liga Primer bursa transfer musim panas tahun 2009 terlihat semakin menurun. Angka belanja netto klub-klub Liga Primer sebesar 81 juta poundsterling (Rp 1,3 triliun). Sementara tahun 2008 adalah 210 juta poundsterling (Rp 3,42 triliun)

F. Hadiah Kompetisi sepakbola

MU-championLiga Champions merupakan salah satu liga eropa yang memiliki distribusi uang hadiah yang paling besar dibanding liga eropa lainnya yang dihelat oleh UEFA. Beberapa data terkait dengan kompetisi dieropa :

  • Disebutkan bahwa selama enam tahun terakhir UEFA mendistribusikan lebih dari tiga miliar euro atau sekitar Rp 43 triliun kepada 70 klub yang berpartisipasi dalam salah satu turnamen sepakbola yang paling menguntungkan itu. Dalam enam musim terakhir, tim-tim Premier League itu mengumpulkan rata-rata 160 juta euro atau Rp 2,3 triliun.
  • Babak final Liga Champions musim 2008-09 akan menghasilkan pendapatan total sebesar 310 juta euro atau sekitar Rp 4,46 triliun bagi perekonomian Eropa
  • Setengah dari total hadiah uang Liga Champions didistribusikan dari market share siaran televisi, sedangkan setengahnya lagi didasarkan pada capaian setiap peserta. Klub juga mendapatkan uang ekstra dari penjualan tiket dan merchandise.
  • Musim ini hadiah Liga Champions naik 26 persen dari tahun lalu. Tim-tim yang lolos ke babak grup saja sudah otomatis mengantongi 7,1 juta euro. Lalu, setiap kemenangan di fase grup dihargai 800 ribu euro. Nantinya, tim juara berhak atas hadiah uang 9 juta euro (Rp 129 miliar), atau dua juta euro lebih besar dari edisi ebelumnya.
  • Pada final liga champion 2008, karena lokasinya yang lebih strategis, Kota Roma sendiri diperkirakan akan meraih pendapatan sebesar 45 juta euro, atau lebih besar sedikit dibanding yang diraih Moskow. Sebagai catatan, pada final Liga Champions 2007, Kota Athena, Ibu Kota Yunani, hanya mereguk pendapatan sebesar 26 juta euro
  • Dengan anggota 32 klub yang tampil di babak utama musim 2008, UEFA mengeluarkan 581,8 juta euro untuk membiayai Liga Champions. Sedangkan 300 juta euro dialokasikan untuk uang tampil dan hadiah klub-klub itu.

Daftar uang hadiah Liga Champions per klub

  1. Chelsea (6 musim) 183,7 juta euro
  2. Man Utd (6) 170,7 juta euro
  3. Arsenal (6) 155,8 juta euro
  4. Lyon (6) 138,8 juta euro
  5. Liverpool (5) 130,7 juta euro
  6. AC Milan (5) 130,3 juta euro
  7. Barcelona (5) 128,6 juta euro
  8. Inter Milan (6) 125,7 juta euro
  9. Bayern Munich (5) 120,9 juta euro
  10. PSV Eindhoven (6) 120,5 juta euro

Daftar uang hadiah Liga Champions per negara

  1. Inggris: 4 klub, 641 juta euro
  2. Italia: 7 klub, 476 juta euro
  3. Spanyol: 10 klub 429,5 juta euro
  4. Jerman: 6 klub, 316 juta euro
  5. Prancis: 6 klub, 303 juta euro

Data Pemain, Pemilik dan Klub Terkaya Eropa

Bisnis sepakbola cukup menggiurkan, sehingga muncullah ikon-ikon terkaya mulai dari pemain terkaya, klub terkaya hingga pemilik klub terkaya. Berdasarkan data dari Dailymail tahun 2009 dan data kantor akuntan publik Deloitte tahun 2006 diumumkan daftar terkaya di Eropa dalam bisnis olahraga sepakbola. Berikut adalah data yang dikeluarkan :

Pemilik Klub Terkaya

  1. Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Man City) £15billion
  2. Lakshmi Mittal and family (QPR) £12.5bn
  3. Roman Abramovich (Chelsea) £7bn
  4. Joe Lewis (Tottenham) £2.5bn
  5. Bernie and Slavica Ecclestone (QPR) £2.4bn
  6. Stanley Kroenke (Arsenal) £2.245bn
  7. Alisher Usmanov (Arsenal) £1.5bn
  8. Lord Grantchester & the Moores Family (Everton) £1.2bn
  9. Dermot Desmond (Celtic) £1.2bn
  10. Lord Ashcroft (Watford) £1.1bn
  11. Malcolm Glazer and family (Man Utd) £1.1bn
  12. Simon Keswick (Cheltenham) £966m
  13. Trevor Hemmings (Preston) £900m
  14. Mike Ashley (Newcastle) £800m
  15. Randy Lerner (Aston Villa) £750m
  16. Tom Hicks (Liverpool) £700m
  17. The Walker Family (Blackburn) £660m
  18. Mohammed Al Fayed (Fulham) £650m
  19. Sir David Murray (Rangers) £600m
  20. Steve Morgan (Wolves) £400m

Pemain Terkaya

  1. David Beckham (LA Galaxy, No 38 overall) £125m
  2. Michael Owen (Newcastle, 56) £40m
  3. Wayne Rooney (Man United, 61) £35m
  4. Rio Ferdinand (Man United, 69) £28m
  5. Robbie Fowler (Unattached, =69) £28m
  6. Sol Campbell (Portsmouth, =69) £28m
  7. Ryan Giggs (Man United, 77) £23m
  8. Michael Ballack (Chelsea, 80) £20m
  9. Frank Lampard (Chelsea, =80) £20m
  10. Steven Gerrard (Liverpool, 86) £19m
  11. Cristiano Ronaldo (Man United, 87) £18m
  12. John Terry (Chelsea, 88) £17m
  13. Didier Drogba (Chelsea, 89) £15m
  14. Nicolas Anelka (Chelsea, 92) £14m
  15. Damien Duff (Newcastle, =92) £14m
  16. Dimitar Berbatov (Man United, 96) £13m
  17. Ashley and Cheryl Cole (Chelsea, =96) £13m
  18. Fernando Torres (Liverpool, =96) £13m
  19. Emile Heskey (Wigan, 100) £12m
  20. Gary Neville (Man United, 101) £11.75m

Klub Terkaya

  1. Real Madrid, Spanyol, 202 juta pound
  2. Barcelona, Spanyol, 179,1 juta pound
  3. Juventus, Italia, 173,7 juta pound
  4. Manchester United, Inggris, 167,8 juta pound
  5. AC Milan, Italia, 165 juta pound
  6. Chelsea, Inggris, 152,8 juta pound
  7. Inter Milan, Italia, 142,8 juta pound
  8. Bayern Muenchen, Jerman, 141,5 juta pound
  9. Arsenal, Inggris, 133 juta pound
  10. Liverpool, Inggris, 121,7 juta pound
  11. Lyon, Prancis, 88,3 juta pound
  12. AS Roma, Italia, 87,8 juta pound
  13. Newcastle United, Inggris, 85,9 juta pound
  14. Schalke 04, Jerman, 84, 9 juta pound
  15. Tottenham Hotspur, Inggris, 74,1 juta pound
  16. Hamburg SV, Jerman, 70,4 juta pound
  17. Manchester City, Inggris, 61,8 juta pound
  18. Rangers, Skotlandia, 61,2 juta pound
  19. West Ham United, Inggris, 60,1 juta pound
  20. Benfica, Portugal, 58,8 juta pound

Klub dengan aset terbesar didunia :

  1. Manchester United, aset sebesar 1,8 miliar dolar (906 juta pound atau sekitar Rp 16,6 triliun
  2. Real Madrid, 1,285 miliar dolar (647 juta pound atau sekitar Rp 12 triliun).
  3. Arsenal, 1,2 miliar dolar (604 juta pound atau sekitar Rp 11 triliun)
  4. Liverpool, 1,05 miliar dolar (sekitar 529 juta pound atau sekitar Rp 9,6 triliun)

Untuk kategori pelatih, manajer Inggris Fabio Capello tercatat berkocek 25 juta pound. Manajer MU Alex Ferguson punya 22 juta pound dan pelatih Arsenal Arsene Wenger dengan 14 juta.

Sumber : detik.com, golspektakuler.blogspot.com,nofieiman.com,the-kops.blogspot.com

Indonesia? Ayas yakin hal ini akan terjadi pula di tanah air tecinta kita ini>

 

Salam Satoe Jiwa

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s